Analisis penerapan etika bisnis Islam di home industry tempe Bendul Merisi Surabaya dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahrona, Nur Fitria (2019) Analisis penerapan etika bisnis Islam di home industry tempe Bendul Merisi Surabaya dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fitria Fahrona_G74215166.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam di Home Industry Tempe Bendul Merisi Surabaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana penerapan etika bisnis Islam di home industry tempe untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Metode penerapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan beberapa pemilik home industry tempe Bendul Merisi Jaya Gang V Surabaya dan dokumentasi beberapa wujud mengenai home industry tempe. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam di home industry tempe sesuai dengan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam yakni kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran dalam menjalankan usahanya. Pemilik home industry juga bersikap jujur ketika menjual langsung tempe di pasar. Saran penelitian ini diharapkan agar para pemilik home industry tempe Bendul Merisi Jaya Gang V Surabaya tetap menggunakan bahan-bahan baku yang halal dan aman untuk dikonsumsi serta lebih aktif dalam kegiatan keagamaan dan sosial di kampung karena dengan hal tersebut dapat menciptakan kerukunan antar masyarakat dan menambah wawasan informasi mengenai usaha masing-masing. Para pemilik home industry tempe Bendul Merisi Jaya Gang V Surabaya supaya tetap menjaga kebersihan tempat pembuatan tempe dan bersikap jujur serta ramah kepada konsumen agar loyalitas antara konsumen dengan pedagang tetap terjaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahrona, Nur Fitriafahronanur@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Keluarga
Bisnis
Etika
Wirausaha
Keywords: Etika Bisnis Islam; Home Industry; Kesejahteraan Ekonomi; Kesejahteraan Ekonomi Perspektif Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fahrona Nur Fitria
Date Deposited: 22 Jul 2019 06:31
Last Modified: 22 Jul 2019 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32651

Actions (login required)

View Item View Item