Analisis hukum Islam terhadap jual beli Tiket Sepakbola dilapangan Bayeman Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, Syahrul (2019) Analisis hukum Islam terhadap jual beli Tiket Sepakbola dilapangan Bayeman Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahrul Mubarok_C02215071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Hukum Islam terhadap jual beli tiket sepakbola di Lapangan Bayeman Kecamatan Gondanwetan Kabupaten Pasuruan”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan, Pertama bagaimana mekanisme penjualan tiket sepakbola di Lapangan Bayeman Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Kedua bagaimana analisis Hukum Islam terhadap jual beli tiket sepakbola di Lapangan Bayeman Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini adalah penelitian Lapangan melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik pengolaan data melalui editing, organizing, dan analyzing. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif. Maksudnya pengumpulan data yang dilakukan di lapangan mengenai praktik jual beli tiket sepakbola di Lapangan Bayeman Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan, kemudian dianalisis dengan Hukum Islam. Hasil penelitian menyimpulkan pertama, terjadi praktik jual beli tiket sepakbola di lapangan Bayeman Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan yang praktiknya pihak panitia menaikkan harga tiket secara tiba-tiba tanpa diinformasikan terlebih dahulu ketika akan terjadi laga big match, sehingga penonton banyak yang merasa dirugikan karena mengalami fluktuasi harga .Yang mana pada penjualan tiket sepakbola dalam pertandingan laga perdana memiliki harga tiket yang normal, tetapi pada waktu calon penonton melakukan transaksi (pembelian) tiket, harga tiket naik menjadi dua kali lipat dari harga semula. Kedua, adanya kenaikan harga tiket dua kali lipat dari harga sebelumnya, menimbulkan ketidak jelasan sehingga masuk kedalam kategori gharar. Berdasarkan kesimpulan di atas, disarankan kepada pihak panitia untuk menginformasikan terlebih dahulu kepada masyarakat atau calon penonton perihal kenaikan harga tiket masuk, agar para calon penonton bisa menyiapkan dana lebih sebelum berangkat menonton pertandingan sepakbola supaya tidak terjadi jual beli yang gharar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, Syahrulmubarok100197@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Jual Beli
Olah Raga
Keywords: Jual beli; Tiket Sepakbola
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mubarok Syahrul
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:25
Last Modified: 25 Jul 2019 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32766

Actions (login required)

View Item View Item