Analisis Supply Chain pada usaha kerajinan sapu di Dusun Mukuh Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dalam perspektif distribusi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prabandari, Lutfita (2019) Analisis Supply Chain pada usaha kerajinan sapu di Dusun Mukuh Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dalam perspektif distribusi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfita Prabandari_G74215155.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Supply Chain Pada Usaha Kerajinan Sapu Di Dusun Mukuh Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Dalam Perspektif Distribusi Islam” ini merupakan hasil penelitan kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang (1) bagaimana model praktik supply chain pada usaha kerajinan sapu di Dusun Mukuh Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk (2) bagaimana tinjauan distribusi Islam terhadap supply chain pada pada usaha kerajinan sapu di Dusun Mukuh Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Pengambilan data dengan wawancara dan dokumentasi kepada pihak-pihak usaha pada usaha kerajinan sapu Dusun Mukuh dan konsumen untuk menggali tentang model praktik supply chain dan tinjauannya dalam distribusi Islam. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif analitis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa model praktik supply chain yang diterapkan oleh usaha kerajinan sapu Dusun Mukuh Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk tidak serumit sebagaimana pada perusahaan besar pada umumnya, yaitu: supplier-manufaktur (pegusaha kerajinan sapu)-distributor-pengecer-konsumen akhir (masyarakat). Praktik distribusi dalam supply chain pada usaha kerajinan sapu Dusun Mukuh Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk sudah sesuai dengan prinsip dan etika distribusi Islam. Dimana pada usaha tersebut menerapkan etika distribusi Islam yaitu kejujuran, dengan pengecekan kembali jumlah hasil produksi sebelum disalurkan, dan menjaga kualitas produk. Kemudian menerapkan prinsip keadilan diantara semua pelaku pasar dan tidak ditemukan penyimpangan terhadap larangan penimbunan barang, karena hasil produksi akan langsung disalurkan kepada pengecer sesuai dengan pesanan. Peneliti memberikan saran-saran yang mungkin dapat menjadi masukan, sebagai berikut: pada para pelaku usaha di usaha kerajinan sapu Dusun Mukuh Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk diharapkan tetap mempertahankan kerjasama yang baik antara semua pelaku pasar untuk memajukan usaha tersebut., sebaiknya diterapkan sarana dan prasana yang menunjang agar usaha berjalan dengan baik, dan pada peneliti berikutnya, diharapkan dapat mengupas lebih lanjut tentang supply chain dan distribusi Islam, karena keterbatasan penulis dalam menggali informasi tentang supply chain dan distribusi Islam. Sehingga kekurangan-kekurangan tersebut dapat menjadi kajian berikutnya dalam konteks dunia usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prabandari, LutfitaSayyidatullutfi@gmail.comG74215155
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, HammisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Keywords: Usaha kerajinan; Supply Chain; Distribusi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Prabandari Lutfita
Date Deposited: 26 Jul 2019 08:39
Last Modified: 26 Jul 2019 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32820

Actions (login required)

View Item View Item