Implementasi prinsip tanggung jawab dan kejujuran dalam kerjasama bisnis di PT. Lazizaa Rahmat Semesta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annisa, Lailita Nur (2019) Implementasi prinsip tanggung jawab dan kejujuran dalam kerjasama bisnis di PT. Lazizaa Rahmat Semesta. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Lailita Nur Annisa_G04215016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Prinsip Tanggung Jawab dan Kejujuran dalam Kerjasama Bisnis di PT. Lazizaa Rahmat Semesta” bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan, yakni: bagaimana implementasi prinsip tanggung jawab dan kejujuran dalam kerjasama bisnis di PT. Lazizaa Rahmat Semesta dan bagaimana dampak menerapkan kedua prinsip tersebut terhadap kepercayaan investor di PT. Lazizaa Rahmat Semesta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan tim PT. Lazizaa Rahmat Semesta, investor dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisa untuk menjawab rumusan masalah yang diangkat oleh peneliti.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kerjasama bisnis antar PT. Lazizaa Rahmat Semesta dan investor tertuang melalui perjanjian tertulis dalam bentuk kontrak kerjasama. Kerjasama Lazizaa dengan investor menggunakan akad mudarabah. Lazizaa berperan sebagai pengelola usaha dan investor sebagai pemilik modal. Keuntungan dibagi sesuai kontrak awal dan kerugian menjadi ditanggung oleh investor, kecuali apabila kerugian disebabkan oleh kelalaian Lazizaa, maka kerugian tersebut menjadi tanggung jawab Lazizaa. Selain itu, Lazizaa bertanggung jawab untuk mengupayakan agar store milik investor mendapatkan keuntungan dengan berbagai strategi pemasaran yang dimiliki. Prinsip yang selalu dikedepankan oleh Lazizaa dalam kerjasama bisnis ini adalah kejujuran dengan transparansi terutama terkait keuangan. Kedua, hubungan kerjasama bisnis tersebut memberikan dampak positif bagi Lazizaa, yakni munculnya trust dari para investor kepada Lazizaa. Peneliti mengukur hal ini dari tiga poin yakni : memilih menjadi investor, kerjasama dan pengembanagan usaha investor dengan Lazizaa, merekomendasikan kepada saudara atau teman. Sejalan dengan kesimpulan di atas, saran yang dapat menjadi masukan bagi tim PT. Lazizaa Rahmat Semesta menjaga pengawasan di masing-masing resto, seperti karyawan, kebersihan resto, dan mempertahankan cita rasa. Dengan tujuan meningkatkan loyalitas konsumen untuk keberlangsungan usaha kedepannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annisa, Lailita Nurlailitanurannisa@gmail.comG04215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@yahoo.com; sirajul.arifin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Jual Beli
Bisnis
Keywords: Tanggung Jawab; Kejujuran Mudharabah; PT Laziza rahmat Semesta
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Annisa Lailita Nur
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:35
Last Modified: 02 Aug 2019 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32822

Actions (login required)

View Item View Item