Pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama' Trate Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Novia Malichatul Afifah (2019) Pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama' Trate Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novia Malichatul Afifah_D93215050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penlitian ini mengangkat judul Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama’ Trate Gresik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan kepala madrasah dalam melakukan supervisi terhadap guru. Supervisi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru sehingga tercipta pendidikan yang bermutu.Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah, yaitu supervisi kepala madrasah, kinerja guru dan pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs NU Trate Gresik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 yang terdiri dari guru aktif di MTs NU Trate Gresik. Terdapat dua variabel penelitian, yaitu supervisi kepala madrasah (X) dan kinerja guru (Y). Teknik analisis data menggunakan uji-t satu sampel dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Supervisi Kepala Madrasah di MTs NU Trate Gresik telah dilaksanakan dengan baik menggunakan teknik kunjungan kelas dan supervisi klinis bagi yang membutuhkan, dengan prosentase 79%, (2) Kinerja Guru di MTs NU Trate Gresik sudah baik dibuktikan dengan beberapa kejuaraan yang diperoleh, dengan prosentase 82,7%, (3) Supervisi Kepala Madrasah berpengaruh terhadap Kinerja Guru di MTs NU Trate Gresik sangat kuat dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,854 dan R square 0,729. Persamaan korelasi Ŷ = 17,335 + 0,740X memiliki nilai konstan (α) adalah 17,335 yang menyatakan bahwa apabila tidak ada supervisi kepala madrasah maka nilai konstan kinerja guru adalah 17,335 dan koefisien (β) adalah 0,740 menunjukkan bahwa setiap penambahan 1 skor supervisi kepala madrasah, maka nilai kinerja guru meningkat sebesar 0,740. Maka diperoleh hasil bahwa ada pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs NU Trate Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Novia Malichatul Afifahafiefachviea@gmail.comD93215050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Supervisi; Kepala Madrasah; Kinerja; Guru; MTs NU Trate Gresik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Afifah Novia Malichatul
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:04
Last Modified: 05 Aug 2019 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32978

Actions (login required)

View Item View Item