Implementasi etika bisnis Islam dalam menghadapi persaingan bisnis: studi pada Home Industri Tenun Tikar Nies Collection

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramitasari, Titik (2019) Implementasi etika bisnis Islam dalam menghadapi persaingan bisnis: studi pada Home Industri Tenun Tikar Nies Collection. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titik Pramitasari_G74215111.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (Studi pada Home Industri Tenun Tikar Nies Collection)” ini merupakan hasil penelitian field research atau lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana analisis prinsip etika bisnis Islam yang diimplementasikan oleh home industri tenun tikar Nies Collection dalam menghadapi persaingan bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Untuk pengumpulan data penulis melakukan observasi dan wawancara terhadap informan dalam penelitian ini yaitu pemilik, karyawan, dan lawan bisnis home industri tenun tikar Nies Collection. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa home industri tenun tikar Nies Collection telah menerapkan empat prinsip etika bisnis Islam yaitu tauhid, keseimbangan, kebebasan, dan tanggung jawab. Untuk tauhid, Nies Collection memperlakukan karyawannya dengan adil karena beliau yakin setiap tindakan yang dilakukan diawasi oleh Allah Swt. Kemudian untuk keseimbangan, Nies Collection menentukan harganya sesuai dengan production cost (biaya produksi) sehingga menghasilkan harga yang sesuai dengan mekanisme pasar. Untuk kebebasan, pemilik bebas berkarya dan bekerja dengan kemampuan yang dimilikinya tanpa merugikan pengusaha lain. Untuk tanggung jawab, pemilik memberi upah karyawannya sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Secara keseluruhan, penerapan tersebut sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Home industri tenun tikar Nies Collection diharapkan bisa mempertahankan keistiqomahan dalam menerapkan etika bisnis Islam agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan orang lain. Dan diharapkan home industri tenun tikar Nies Collection segera memperbarui Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) agar bisnisnya terdaftar keberadaannya sehingga usahanya resmi dan sah dalam menjalankan usaha perdagangan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramitasari, Titiktitikpramita22@gmail.comG74215111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDPramitasari, Titiktitikpramita22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Bisnis
Etika
Keywords: Etika Bisnis Islam; Persaingan Bisnis; Home Industri Tenun Tikar Nies Collection
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Pramitasari Titik
Date Deposited: 01 Aug 2019 01:41
Last Modified: 01 Aug 2019 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33025

Actions (login required)

View Item View Item