Lestari, Ayu Dwi (2019) Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Anak Kelompok B melalui Metode Bermain Angklung di TK Dharma Wanita Persatuan Kertosono Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Ayu Dwi (2019) Lestari, Ayu Dwi (2019) Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Anak Kelompok B melalui Metode Bermain Angklung di TK Dharma Wanita Persatuan Kertosono Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Dwi Lestari_D98215021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kerjasama pada peserta didik di TK Dharma Wanita Persatuan Kertosono Sidayu Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerjasama pada peserta didik dengan menggunakan metode bermain angklung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Siklus I dan siklus II memiliki 4 tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penelitian analisis pada penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penggunaan metode bermain angklung dapat meningkatkan keterampilan kerjasama pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Kertosono. Hal ini dapat dibuktikan ketika proses siklus I maupun siklus II. Dapat dibuktikan juga dengan nilai aktivitas peserta didik yang meningkat pada setiap siklusnya yakni dari 70 pada siklus I dan meningkat menjadi 95 pada siklus II. 2) Adanya peningkatan keterampilan kerjasama pada anak kelompok B melalui metode bermain angklung di TK Dharma Wanita Persatuan Kertosono. Adapun rincian peningkatannya sebagai berikut yakni, pada pra siklus berjumlah 25% (4 siswa), kemudian pada siklus I berjumlah 37.5% (6 siswa). Pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup baik yakni berjumlah 75% (12 siswa).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Ayu Dwiayudwilestariadl@gmail.comD98215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Meningkatkan Keterampilan Kerjasama; Metode Bermain Angklung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Lestari Ayu Dwi
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:07
Last Modified: 06 Aug 2019 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33278

Actions (login required)

View Item View Item