Peningkatan pemahaman mata pelajaran Fikih materi Puasa Ramadhan melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament di kelas III MI Nurul Ikhlas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afidah, Nur (2019) Peningkatan pemahaman mata pelajaran Fikih materi Puasa Ramadhan melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament di kelas III MI Nurul Ikhlas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afidah_D97215101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa kelas III MI Nurul Ikhlas Waru Sidoarjo. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh dari nilai ulangan harian sebesar 37, 77% dari 45 siswa. Penyebabnya adalah metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar kurang inovatif yaitu menggunakan metode ceramah, penugasan dan tanya jawab. Sehingga pada saat kegiatan belajar mengajar siswa kurang aktif dan cepat merasa bosan. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamet untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran Fikih materi Puasa Ramadhan di kelas III MI Nurul Ikhlas Waru Sidoarjo?, dan bagaimana peningkatan pemahaman materi Puasa Ramadhan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Fikih di kelas III MI Nurul Ikhlas Waru Sidoarjo? Metode penelitian ini merupakan PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian dilakukan di kelas III MI Nurul Ikhlas Waru Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 45. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 76, 08% meningkat menjadi 89, 13% pada siklus II. Sedangkan untuk nilai akhir aktivitas siswa pada siklus I a dalah 72, 72% meningkat menjadi 88, 63% pada siklus II. Kedua, tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih materi Puasa Ramadhan di kelas III menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai tes pemahaman, pada siklus I diperoleh hasil 66, 66% (kurang) dengan nilai rata- rata 70, 02 dan pada siklus II diperoleh hasil 88, 88% (baik) dengan nilai rata- rata sebesar 82, 24.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afidah, Nurnurafidah0797@gmail.comD97215101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMusthofa, M.BahriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Fikih; Teams Games Tournament
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afidah Nur
Date Deposited: 08 Aug 2019 01:23
Last Modified: 08 Aug 2019 01:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33392

Actions (login required)

View Item View Item