Sejarah dan perkembangan Lagu Syubbanul Wathan Tahun 1916-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aynina, Rizki (2019) Sejarah dan perkembangan Lagu Syubbanul Wathan Tahun 1916-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Aynina_A02215015.pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berfokus pada perkembangan lagu Syubbanul Wathan atau biasa disebut Ya Lal Wathan dengan judul “Sejarah dan Perkembangan Lagu Syubbanul Wathan Tahun 1916-2019”. Dengan fokus pembahasan (1) Bagaimana latar belakang sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama? (2) Bagaimana Sejarah munculnya lagu Syubhanul Wathan? (3) Bagaimana perkembangan lagu Syubbanul Wathan?. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis yang bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Sedangkan, landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori Continuity and Change menurut John O. Vollt adalah kesinambungan dan perubahan, atau perubahan secara terus menerus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Nahdlatul Ulama didirikan di Surabaya pada 31 Januari 1926/16 Rajab 1344 H. Adapun NU sendiri telah memiliki andil penting dalam kanca Nasional baik dari aspek sosial, politik, dan mencerdaskan anak bangsa. 2) Munculnya lagu Syubbanul Wathan atau biasa dikenal Ya Lal Wathan tidak bisa dilepaskan dari faktor sosial-historis baik terkait kehidupan masyarakat waktu itu, politik maupun pendidikan. Salah satu tokoh terkemuka ormas Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama adalah KH. Abdul Wahab Chasbullah, beliau merupakan pencetus lagu patriotisme yang mempunyai lirik terkait cinta tanah air. 3) Perkembangan lagu Syubbanul Wathan saat ini sangat populer disetiap acara-acara, baik dari kalangan warga Nahdlatul Ulama maupun dari khalayak umum. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam lagu tersebut adalah nilai cinta akan tanah air (NKRI).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aynina, Rizkirizkiaynina@gmail.comA02215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, WasidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah
Keywords: Syubbanul Wathan; Perkembangan; Nasionalisme
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Aynina Rizki
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:45
Last Modified: 06 Aug 2019 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33492

Actions (login required)

View Item View Item