STUDENTS’ SHORTCOMINGS IN WRITING PARAGRAPH AT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA’S ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Nur (2015) STUDENTS’ SHORTCOMINGS IN WRITING PARAGRAPH AT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA’S ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada analisis kekurangan – kekurangan mahasiswa dalam
menulis paragraf. Hal ini dinilai penting karena mahasiswa akan lebih mudah untuk
menulis skripsi dan mengajukan proposal beasiswa di luar negeri. Namun, pada
kenyataannya, kebanyakan dari mahasiswa mendapatkan nilai C pada mata kuliah
writing tanpa mengetahui dimana letak kesalahan dalam paragraf mereka. Akibatnya,
mereka dapat menulis paragraf yang tidak bagus. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengevaluasi kesalahan – kesalahan mahasiswa dalam menulis
paragraf guna menghindari kesalahan yang sama dalam penulisan paragraf
selanjutnya. Data dalam penelitian ini adalah paragraf mahasiswa yang diambil dari
proposal. Hal ini dianggap lebih menantang karena paragraf tersebut ditulis oleh
mahasiswa yang sudah pernah mengikuti 3 kelas writing di semester – semester
sebelumnya. Namun, hanya 37 dari 83 paragraf mahasiswa yang dapat dievaluasi
karena 46 mahasiwa yang lain tidak mengizinkan peneliti untuk mendapatkan
dokumen mereka. Untuk menganalisa data, Penelitian ini diawali dengan
mengevaluasi paragraf mahasiwa yakni dengan membandingkan tiap komponen
paragraf dengan kriteria – kriteria penulisan paragraf yang baik. Cara ini disebut
metode evaluasi. Kemudian, hasil evaluasi tersebut dideskripsikan menggunakan
metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah 77 kesalahan dalam paragraf
mahasiswa yang terjadi pada individu yang berbeda. Rincian kesalahan – kesalahan
dalam paragraf mahasiswa adalah 15 (19,48%) kesalahan dalam penulisan topic
sentence, dan 31 (40,26%) kesalahan yang sama – sama terjadi dalam penulisan
supporting sentences dan concluding sentence. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa mahasiswa gagal dalam menulis paragraf yang baik meskipun
mereka sudah mendapatkan banyak pengalaman dalam menulis paragraf pada
semester – semester sebelumnya. Oleh karena itu, para mahasiwa hendaknya
memperhatikan dan berlatih menulis paragraf yang baik sesuai dengan gaya penulisan
akademis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Arief Furqon, Auliya Ridwan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Metode
Keywords: shortcomings; Proper paragraph
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:18
Last Modified: 15 Jan 2016 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item