Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Lelang di Tempat Pelelangan Ikan Nusantara Prigi Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Andika Dwi (2019) Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Lelang di Tempat Pelelangan Ikan Nusantara Prigi Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andika Dwi Saputra_C92215082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini yang berjudul Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Lelang di Tempat Pelelangan Ikan Nusantara Prigi Trenggalek. Merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimana praktik lelang di Tempat Pelelangan Ikan Nusantara Prigi Trenggalek dan bagaimana analisis hukum islam dalam praktik lelang di Tempat Pelelangan Ikan Nusantara Prigi Trenggalek. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dan merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yaitu menggambarkan data yang ada atau fenomena yang telah terjadi sehingga diperoleh suatu gambaran secara menyeluruh. Kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam proses pelelangan ikan di Tempat Pelelangan Ikan Nusantara dilakukan dengan menggunakan praktik uang pengikat lelang. Dalam praktik uang pengikat lelang yang terjadi diantara juragan kapal dengan pembeli (bakul) tidak sesuai dengan rukun dan syarat lelang yang seharusnya dipenuhi untuk melaksanakan pelelangan ikan dengan baik dan benar. Dalam praktiknya, bakul ikan memberikan sejumlah uang kepada juragan kapal sebelum pergi melaut agar hasil tangkapan ikannya diberikan secara langsung kepada bakul tanpa melalui proses lelang. Uang pengikat lelang tersebut menjurus kepada kolusi dan suap untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan tanpa melalui proses yang sesuai aturan dan rukun serta syarat dalam hukum Islam. Artinya, praktik uang pengikat lelang di TPI Nusantara Prigi Trenggalek tidak sesuai dengan rukun dan syarat lelang yang seharusnya dipenuhi sebagai pedoman pelelangan ikan yang baik dan benar. Sejalan dengan kesimpulan di atas, untuk mewujudkan penerapan hukum Islam dalam pengelolaan sistem pelelangan ikan di Tempat Pelelangan Ikan Nusantara Prigi Trenggalek dengan baik dan benar, maka harus dilakukan upaya yang lebih giat untuk menghilangkan praktik uang pengikat lelang di Tempat Pelelangan Ikan serta melakukan pembenahan dalam pengaplikasian tata kerja yang benar-benar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Agar tidak terjadi kerugian bagi pihak TPI dan semua pihak yang terlibat dalam proses pelelangan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Andika Dwiandikadwi96.ad@gmail.comC92215082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com196201011997031002
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Praktik Lelang Ikan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Saputra Andika Dwi
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:33
Last Modified: 14 Aug 2019 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33867

Actions (login required)

View Item View Item