Urgensi Hidden Curriculum pendidikan antikorupsi dalam materi PAI bagi siswa di SMPN 2 Jatikalen Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Himma, Aulia Faiqotul (2019) Urgensi Hidden Curriculum pendidikan antikorupsi dalam materi PAI bagi siswa di SMPN 2 Jatikalen Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Faiqotul Himma_D91215049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti ini mengkaji beberapa permasalahan, yaitu: (1) Bagaimana Urgensi Hidden Curriculum Pendidikan Antikorupsi dalam Materi PAI terhadap siswa SMP Negeri 2 Jatikalen? (2) Apa dampak dalam pelaksanaan Hidden Curriculum Pendidikan Antikorupsi dalam Materi PAI di SMP Negeri 2 Jatikalen? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data menggunakan reduksi data, paparan dn verivikasi. Hidden curriculum pendidikan antikorupsi dalam materi pendidikan agama islam ini diterapkan di SMP Negeri 2 Jatikalen pada hari dimana mata pelajaran PAI diajarkan yaitu hari selasa untuk kelas VII, kamis untuk kelas VIII, dan jumat untuk kelas IX. Hidden curriculum pendidikan antikorupsi ini di integrasikan kedalam materi PAI yang relevan dengan pendidikan antikorupsi, misalnya kelas VIII dengan materi pokok akhlak terpuji, sikap rendah hati, hemat dan sederhana membuat hidup lebih mulia, masuk RPP pada pengembangan karakter. Berdasarkan data dan hasil penelitian yang dipaparkan menunjukkan terdapat peningkatan kedisiplinan peserta didik dengan melihat penilaian sikap. Hasil akhir penelitian menunjukan tentang kedisiplinan peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai yang ada pada pendidkan antikorupsi sebelum adanya hidden curriculum pendidikan antikorupsi dan sesudah menambahkan hidden curriculum pendidikan antikorupsi bisa dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Himma, Aulia Faiqotulaulia.faiq@yahoo.comD91215049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadaulia.faiq@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Korupsi
Keywords: Hidden Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Himma Aulia Faiqotul
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:43
Last Modified: 10 Sep 2020 13:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33872

Actions (login required)

View Item View Item