Peningkatan kepercayaan diri anak melalui metode Show and Tell di Kelompok B2 Raudatul Athfal Perwanida Kemangsen Balongbendo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosita, Tri Irma (2019) Peningkatan kepercayaan diri anak melalui metode Show and Tell di Kelompok B2 Raudatul Athfal Perwanida Kemangsen Balongbendo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Irma Rosita_D98215071.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tingkat kepercayaan diri pada anak kelompok B2 di RA Perwanida Kemangsen Balongbendo Sidoarjo. Hal ini disebabkan oleh kurang fokusnya anak ketika proses pembelajaran sedang berlangsung serta kurangnya variasi yang diberikan guru dalam menyampaikan metode yang diterapkan dikelas. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kepercayaan diri anak melalui metode show and tell di kelompok B2 RA Perwanida kemangsen Balongbendo Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini pembahasan yang akan diuraikan adalah penerapkan metode show and tell dalam meningkatkan kepercayaan diri anak dan apakah metode show and tell dapat meningkatkan meningkatkan kepercayaan diri anak di kelompok B2 di RA Perwanida Kemangsen Balongbendo Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I dan II terdapat empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pad penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Penerapan metode show and tell telah berhasil terbukti. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian observasi aktivitas guru dan anak selama siklus I dan siklus II. Penilaian observasi nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 85 (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II sebesar 95 (Berkembang Sangat Baik). Perolehan nilai aktivitas anak pada siklus I mendapatkan nilai 58,33 (Berkembang Sesuai Harapan) dan siklus II mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 83,33 (Berkembang Sangat Baik). 2) Adanya metode Show And Tell digunakan selama proses pembelajaran, hasil persentase ketuntasan belajar dalam meningkatkan kepercayaan diri anak Berkembang Sesuai Harapan. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 29,41% (Mulai Berkembang) sedangkan siklus II sebesar 70,58% (Berkembang Sesuai Harapan). Perolehan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 49 (Mulai Berkembang) pada siklus II diperoleh sebesar 81,27 (Berkembang Sangat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosita, Tri Irmatriirmarosita96@gmail.comD98215071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwati, EniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuallifah, IlunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rosita Tri Irma
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:12
Last Modified: 12 Aug 2019 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33882

Actions (login required)

View Item View Item