Analisis Permen KUKM RI NOMOR: 11/PER/M.KUKM/XII/2017 terhadap Legalitas KJKS AL MARWAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprianto, Rizky Anugrah (2019) Analisis Permen KUKM RI NOMOR: 11/PER/M.KUKM/XII/2017 terhadap Legalitas KJKS AL MARWAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Anugrah Aprianto_C92215131y.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) di KJKS Al Marwah dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara langsung dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan teknik editing, organizing, dan analizing, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama; Legalitas KJKS Al Marwah dari sudut kelembagaan adalah legal; Kedua; Legalitas KJKS Al Marwah dari sudut perbuatan hukum (melakukan kegiatan usaha syariah tanpa Dewan Pengawas Syariah) adalah ilegal. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka; pertama: Manajemen KJKS Al Marwah menyesuaikan Anggaran Dasar sesuai Peraturan Menteri KUKM RI Nomor: 11/PER/M/KUKM/XII/2017. Apabila tidak dilakukan penyesuaian maka KJKS Al Marwah dapat dikenai sanksi administratif; kedua: KJKS Al Marwah mengajukan permohonan penempatan anggota DPS kepada DSN MUI; ketiga: Kemenkop dan UKM RI menerapkan peraturan-peraturan terkait Koperasi Syariah khususnya Peraturan Menteri KUKM RI Nomor: 11/PER/M/KUKM/XII/2017 secara baik dan melakukan evaluasi yang lebih baik terkait koperasi syariah yang sudah berdiri. Khususnya dalam penerbitan dan perpanjangan Nomor Induk Koperasi dan pemberian sanksi; keempat: DSN MUI lebih proaktif ikut mengawasi LKS dengan menempatkan DPS disetiap LKS, dan melakukan pelatihan-pelatihan terkait DPS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprianto, Rizky Anugrahrizkyanugrahaprianto@gmail.comC92215131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, MohUNSPECIFIED201603306
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Ekonomi
Dagang > Hukum, Dagang
Izin Usaha
Koperasi
Keywords: Legalitas; Koperasi Syariah; Dewan Pengawas Syariah;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aprianto Rizky Anugrah
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:30
Last Modified: 14 Aug 2019 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33895

Actions (login required)

View Item View Item