Analisis Laju Pertumbuhan dan Kontribusi Pajak Hotel dan Pajak Restoran pada Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilia, Ita (2019) Analisis Laju Pertumbuhan dan Kontribusi Pajak Hotel dan Pajak Restoran pada Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Ita Aprilia_G71215019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Laju Pertumbuhan dan Kontribusi Pajak Hotel dan Pajak Restoran pada Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana laju pertumbuhan dan penerimaan pajak hotel dan pajak restoran dan bagaimana kontribusi pajak hotel dan pajak restoran pada Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya pada tahun 2016-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu, kepala bidang pajak hotel dan restoran, staff pengelolah keuangan daerah, pelaku wajib pajak hotel, pelaku wajib pajak restoran dan masyarat. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah kegiatan pemungutan pajak yang hakikatnya merupakan kontribusi wajib kepada daerah yang bersifat memaksa. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa wujud nyata dari pemenuhan hak untuk setiap daerah Kabupaten/Kota dalam melaksanakan otonomi daerah secara mandiri dengan melakukan penggalian sumber dana Pendapatan Asli Daerah yang dianggap mampu mengelolah dan pengalokasiannya. Dana Pendapatan Asli Daerah diperoleh dari pajak yang merupakan biaya wajib yang harus dibayarkan setiap warga negara yang salah satu jenisnya adalah pajak hotel dan pajak restoran. Sektor pajak daerah merupakan sektor yang sangat mempengaruhi kondisi keuangan pemerintah daerah Kota Surabaya, punggutan pajak yang dilakukan oleh pemerintah Kota Surabaya digunakan untuk mengatur perekonomian Kota Surabaya. Pada penelitian ini menjelaskan bagaiman kontribusi dari pajak hotel dan restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah. Penerapan dana dan anggaran Pendapatan Asli Daerah diharapkan dapat meningkatkan dan melaksanakan program kerja untuk pembangunan fisik dan non fisik di Kota Surabaya dapat terealisasikan dengan bagus. Dalam kegiatan pemunggutan pajak daerah dan realisasinya terdapat tahapan pertanggungjawaban dengan adanya surat pertanggungjawaban dan sudah tersampaikan kepada inspektorat pajak dengan tepat. Dalam perwujudan pembangunan daerah sudah efektif karena memperbaiki pembangunan kota sesuai dengan kebutuhan dan sudah dapat menerapkan Otonomi Daerah dalam wilayahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilia, Itaitaaprilia96@gmail.comG71215019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pajak dan Perpajakan
Keywords: Kontribusi; Pajak hotel dan pajak restoran; pendapatan asli daerah; pembangunan daerah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Aprilia Ita
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:56
Last Modified: 08 Aug 2019 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33905

Actions (login required)

View Item View Item