الجناس و السجع في نظم الجوهر المكنون للشيخ عبد الرحمن الأخضري ( دراسة بلاغية )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tamim, Achmad (2019) الجناس و السجع في نظم الجوهر المكنون للشيخ عبد الرحمن الأخضري ( دراسة بلاغية ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Tamim_A01214001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ilmu balagha terdiri dari 3 bagian yaitu ilmu Bayan, ilmu Ma’ani dan ilmu Badi’. Semuanya membahas tentang masalah tata bahasa. Ilmu Badi’ adalah ilmu yang mempelajari tentang keindahan suatu kalimat baik dari segi makna atau lafadznya. Berdasarkan keterangan di atas, pada penelitian peneliti menggunakan salah satu dari objek kajian ilmu Badi’ dengan melihat segi keindahan lafadz suatu kalimat sebagai pendekatan. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk meneliti Muhassinat Lafdzhiyah yang terdapat dalam nadham Jauharul Maknun. Kitab Jauharul Maknun adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kaidah-kaidah dasar ilmu balagha, yang terdiri dari nadham berjumlah 291. Kitab ini di susun oleh Syaikh Abdurahman bin Muhammad Al akhdhori lahir pada tahun ke 10 H. Oleh karena itu, peneliti menghususkan permasalahan yang di kemukakan pada pembahasan ini adalah (i) apa macam-macam jinas dalam nadham jauharul maknun, (ii) apa macam-macam saja’ dalam nadham jauharul maknun. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kualitatif adalah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masalah dan hasilnya bukan berupa angka-angka. Sedangkan deskriptif adalah mendeskripsikan hasil-hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subyek diteliti secara tepat. Kemudian langkah-langkah penulis dalam mengumpulkan data adalah dengan cara membaca berulang-ulang sehingga menemukan data-data yang berkaitan dengan keindahan-keindahan lafadz, setelah itu peneliti melakukan analisis pada data-data tersebut. Dari hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan, bahwa nadham jauharul maknun terkandung unsur-unsur Muhassinat Lafdziyah berjumlah 51 data. Dan macam-macam Muhassinat Lafdziyah yaitu jinas dan saja’. Jinas yang terdapat di dalamnya berupa Jinas Tam (mumatsil) 2 data, Jinas Ghairu Tam (nau’ul huruf) 6 data. Sedangkan Saja’ yang di temukan adalah Saja’ (mutharaf) 16 data, Saja’ (mutawazi) 25 data dan Saja’ (murassa’) 1 data dalam kitab tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tamim, Achmadachmadtamim84@gmail.comA01214001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Keywords: Muhassinat Lafdziyah Nadzham Jauharul Maknun
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Tamim Achmad
Date Deposited: 13 Aug 2019 08:16
Last Modified: 13 Aug 2019 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34143

Actions (login required)

View Item View Item