Penerapan media Flash Card untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Mufrodat pada pelajaran Bahasa Arab kelas 1 di SD Ma'arif NU Hasanudin Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Yulia (2019) Penerapan media Flash Card untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Mufrodat pada pelajaran Bahasa Arab kelas 1 di SD Ma'arif NU Hasanudin Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yulia Maulida_D97215115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa padamatapelajaran Bahasa Arab.Siswa mengeluhbahwa Bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit terlebih kurangnya pemahaman dalam mufrodat dengan baik yang tidak diketahui. Guru sering menggunakan ceramahtanpavariasi, akhirnyasiswa tidakterlihataktif dalam kegitan pembelajaran. Untuk mengatasinya,penulis melakukan pembelajaran dengan menerapkan media Flash Card dilakukan dalam 2 siklus.Tujuan penelitian iniadalah:(1) Mengetahui penerapanmedia Flash Card untuk meningkatan hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab materi bilangan 1 – 10 pada kelas I di SD Ma’arif NU Hasanudin Surabaya. (2)Mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab materi bilangan 1 – 10 dengan menggunakan media Flash Card pada kelas I di SD Ma’arif NU Hasanudin Surabaya..Metode penelitian ini merupakan PTKmodelJohn Elliot yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, 1)Perencanaan,(2) Pelaksanaan,(3) Observasi,dan(4) Refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, performance, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media Flash Card berjalan dengan kata goribaik.Terbukti dari peningkatan hasil aktivitas guru dan siswa. PadasiklusI ,aktivitas guru memperoleh 64 (kurang),kemudianmeningkatmenjadi90 (baik) pada siklusII.Sedangkannilaiaktivitassiswa pada siklusIyaitu 60 (kurang) dan meningkatmenjadi 78 (baik) pada siklusII.(2) kemampuan siswa dalam menghafalpada penelitian ini juga mengalamipeningkatandengan katagori baik.Peningkatan tersebut dibuktikan dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 28% (kurang), meningkat menjadi 50% (kurang) pada siklus I dan meningkat menjadi 89% (baik) pada siklus II. Rata-ratasiswapada pra siklus sebesar 67.5 (kurang) sedangkan siklusI sebesar70.84 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi82.56 (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Yuliayuliamaulida102@gmail.comD97215115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorBachtiyar, MachfudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Keywords: Flash Card
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulida Yulia
Date Deposited: 22 Aug 2019 01:14
Last Modified: 22 Aug 2019 01:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34151

Actions (login required)

View Item View Item