Analisis Semiotika tentang representasi kekerasan pada film Jigsaw

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Sanjay Deep Budi (2019) Analisis Semiotika tentang representasi kekerasan pada film Jigsaw. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sanjay Deep Budi Santoso_B06215032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kekerasanberarti penganiayaan, penyiksaan, atau perlakuan salah. Kekerasan dapat diartikan sebagai perihal keras atau perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain dan menyebabkan kerusakan fisik pada orang lain.Skripsi ini akan mengkaji tentang representasi kekerasan yang terjadi di dalam film “Jigsaw”. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik model Charles Sanders Peirce yang mengkaji tentang tanda,objek dan menimbulkan suatu Interpretant. Hasilpenelitian ini adalah seorang John Kramer yang melakukan tindakan kekerasan untuk memperjuangkan keadilan yang sudah tidak adil didalamnya. Objek didalamnya juga terlihat tersangka kasus kriminal yang disiksa dan disekap oleh John Kramer untuk mempertanggungjawabkan kejahatan selama hidupnya. Sehingga menunjukkan bahwa didalam film tersebut memang terjadi unsur kekerasan fisik dan psikis yang dilakukan oleh John Kramer karena sudah tidak berlakunya keadilan yang sehat didalam film Jigsaw.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Sanjay Deep Budisanjaydeep.bs@gmail.comB06215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Kekerasan
Film
Keywords: Representasi Kekerasan; Film Jigsaw
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Santoso Sanjay Deep Budi
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:40
Last Modified: 12 Aug 2019 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34202

Actions (login required)

View Item View Item