Dukungan keluarga pada keluarga dengan anak autisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Masita Sylmi (2019) Dukungan keluarga pada keluarga dengan anak autisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masita Sylmi Aisyah_J01215020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Autism adalah salah satu dari tuna grahita, merupakan gangguan perkembangan yang digolongkan sebagai gangguan perkembangan pervasive. Pada fenomena ini dukungan keluarga menjadi salah satu peran terpenting. Dukungan keluarga didefinisikan sebagai suatu hubungan interpersonal yang dapat memberikan rasa aman, nyaman, cinta dan empati, dukungan instrumental, informasi dan penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga pada keluarga yang memiliki anak dengan autism. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek utama dalam penelitian ini berjumlah 5 keluarga yang memiliki anak dengan autism, serta 4 subjek pendukung atau significant other. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi, member check dan perpanjangan pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke 5 subjek memberikan dukungan keluarga kepada anak autism tersebut. Memenuhi 4 aspek dari dukungan keluarga yaitu dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasi dan dukungan penilaian, sehingga dapat dilihat anak autism tersebut memiliki perkembangan yang positif dari sejak awal didiagnosa sampai pada saat penelitian ini dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Masita Sylmimasita.herinanta@gmail.comJ01215020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorAsiyah, Siti NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Dukungan Keluarga, Autisme
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Aisyah Masita Sylmi
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:03
Last Modified: 19 Aug 2019 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34219

Actions (login required)

View Item View Item