Itraf dalam al-qur’an (Studi Komparatif Terhadap Penafsiran Quraish Shihab dan At Thabari dalam Surat Al Isra ayat 16)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Ane Dhea Fidya (2019) Itraf dalam al-qur’an (Studi Komparatif Terhadap Penafsiran Quraish Shihab dan At Thabari dalam Surat Al Isra ayat 16). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ane Dhea Fidya Putri_E03215007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendapat dua mufassir yakni Quraish Shihab dan At Thabari dalam menafsirkan QS. Al Isra’ ayat 16 mengenai itraf. Dari pendapat kedua mufassir tersebut, terdapat persamaan dan perbedaan penafsiran, dan diantara keduanya yang di jadikan untuk pembahasan pada penelitian ini. Dalam penelitian menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan menggunakan metode muqqarran (perbandinngan), dengan membandingkan antara penafsiran Quraish Shihab dan At Thabari setelah itu di deskripsikan perbedaan dan persamaan antara kedua mufassir tersebut. Penulis .menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan berbagai macam buku, artikel, jurnal, maupun dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Terdapat dua data yakni data primer dan skunder yang kemudian dari kedua data tersebut akan dianalisa menggunakan teknik penulisan deskriptif dan memberikan kesimpulan terhadap apa yang telah diteliti. Hasil dari penelitian yakni menemukan persamaan dan perbedaan antara kedua mufassir Quraish Shihab dan At Thabari baik metode maupun penafsiranya. yang menyebabkan perbandingan ialah tempat tinggal dan latar belakang keilmuan para mufassir. Dan mengenai makna Itraf dalam QS. Al Isra’ ayat 16 ini, M Quraish Shihab dalam tafsirnya memaknai kata Itraf adalah nikmat sedangkan at Thabari memaknai Itraf adalah sikap sombong.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Ane Dhea Fidyaanedheaputri1996@gmail.comE03215007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSucipto, Muhammad HadiUNSPECIFIED197503102003121003
UNSPECIFIEDYardho, MohUNSPECIFIED198506102015031006
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Itraf ; al-qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Putri Ane Dhea Fidya
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:23
Last Modified: 09 Aug 2019 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34413

Actions (login required)

View Item View Item