Pengaruh Novel Api Tauhid terhadap Sikap Pantang Menyerah di Kalangan Santriwati Muzamzamah Darul Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihatin, Ninik (2019) Pengaruh Novel Api Tauhid terhadap Sikap Pantang Menyerah di Kalangan Santriwati Muzamzamah Darul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninik Sholihatin_B91215067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah mencari tahu ada tidaknya pengaruh Novel Api Tauhid terhadap sikap pantang menyerah di kalangan Santriwati Muzamzamah. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif korelasional dengan menjadikan Santriwati Muzamzamah sebagai sampelnya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling yang mana semua individu dalam populasi dapat dipilih sebagai sampel. Karena populasi yang ada lebih dari 100, yaitu sekitar 500 santriwati, maka peneliti menggunakan acuan dari Arikunto yaitu mengambil 10-25%. Jadi peneliti memutuskan mengambil 50 santriwati sebagai sampel. Data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner (angket) dan data pendukung lainnya diperoleh dari kepustakaan. Untuk Uji Validitas diperoleh dari hasil analisis pengukuran instrumen menggunakan Skala Likert. Uji Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengolahan data menggunakan program IBM SPSS Statistics 20 dengan analisis data korelasi product moment Pearson dan Level of Significance-nya adalah 0,05 atau 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari Novel Api Tauhid terhadap Sikap Pantang Menyerah di kalangan Santriwati Muzamzamah Darul Ulum Jombang dengan nilai koefisien korelasi r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,798 > 0,279) dan memiliki tingkat korelasi yang sedang. Terdapat pengaruh yang positif bagi para santriwati Muzamzamah setelah membaca Novel Api Tauhid. Peneliti berharap, novel sebagai media massa mampu memberikan pesan dan dampak positif bagi pembacanya, juga berharap agar penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan penelitian ini, baik dari segi hal apa yang peru dikaji, seperti: konten analisis, subjek atau objek yang berbeda hingga kontribusi yang lebih baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan di masa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihatin, Ninikniniksholihatin33@gmail.comB91215067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id197308212005011004
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sholihatin Ninik
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:27
Last Modified: 15 Aug 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34458

Actions (login required)

View Item View Item