Konseling Islam Dengan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Seorang Siswa Kelas 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Yulia Miftahul (2019) Konseling Islam Dengan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Seorang Siswa Kelas 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yulia Miftahul Jannah_B93215090.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah Proses Bimbingan Konseling Islam Dengan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Seorang Siswa Kelas 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang?,2) Bagaimana Hasil Akhir Proses Bimbingan Konseling Islam Dengan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Seorang Siswa Kelas 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang?
Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus mengenai teknik kontrak perilaku untuk mengurangi siswa kelas 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mengalami kecanduan bermain game online yang kemudian dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Teknik penggumpulan data yang dilakukan oleh peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini dapat di simpulkan bahwa proses teknik kontrak perilaku dalam mengurangi siswa yang mengalami kecanduan game melalui beberapa tahapan, yaitu : 1. Membuat dapur pribadi dengan konseli, 2. Rasional kontrak perilaku, 3. Membuat kesepakatan bersama antara konselor dan konseli terhadap aturan-aturan terkait kontrak perilaku, 4. Memilih tingkah laku yang diubah dengan menggunakan analisis ABC, 5. Menentukan data awal (baseline data) dan kriteria tingkah laku yang akan diubah dan dicapai dalam kontrak, 6. Menentukan jenis penguatan yang akan diterapkan beserta jadwal pemberian penguatan, 7. Memberikan reinforcement setiap tingkah laku yang diinginkan ditampilkan sesuai jadwal kontrak, 8. Memberikan penguatan pada setiap saat tingkah laku yang diinginkan menetap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Yulia Miftahulyuliamiftahulj@gmail.comB93215090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi@gmail.com197311212005011002
Subjects: Bimbingan Konseling
Game Online
Kenakalan Anak dan Remaja
Keywords: Konseling Islam; Teknik Kontrak Perilaku; Kecanduan bermain game Online
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Jannah Yulia Miftahul
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:47
Last Modified: 12 Aug 2019 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34630

Actions (login required)

View Item View Item