Pengorganisasian Masyarakat dalam Upaya Mengurangi Risiko Bencana Banjir Bandang dan Erosi Melalui Konservasi Vegetasi Tutupan Lahan di Dusun Tawun Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marom, Moch. Husnil (2019) Pengorganisasian Masyarakat dalam Upaya Mengurangi Risiko Bencana Banjir Bandang dan Erosi Melalui Konservasi Vegetasi Tutupan Lahan di Dusun Tawun Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Husnil Marom_B92215079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada kelompok karang taruna yang mempunyai risiko bencana banjir dan erosi yang dihadapi oleh masyarakat Dusun Tawun, akibat bencana serta strategi yang tepat sebagai pengurangan risiko bencana banjir dan erosi yaitu dengan hasil pencapaian pendampingan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dan meniminalisir bencana di Dusun Tawun. Pendampingan ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Reseacrh) dilakukan dengan partisipasi. Melibatkan masyarakat secara aktif dan langsung dalam proses pendampingan. Langkah-langkah PAR yaitu pemetaan, inkulturasi, membangun hubungan kemanusiaan, penentuan agenda riset, merumuskan masalah kemanusiaan, melancarkan aksi perubahan, meluaskan skala gerakan, dan tahap evaluasi. Proses pendampingan masyarakat dengan membangun kerjasama dengan melibatkan masyarakat secara aktif dan langsung, merumuskan masalah, pendidikan bencana. Melalui proses pendampingan tersebut memunculkan gerakan perubahan seperti penanaman pohon disekitar titik kawasan yang mempunyai potensi rawan bencana. Meningkatnya kesadaran masyarakat yang semakin peduli dengan tindakan pengurangan risiko bencana disekitarnya. Masyarakat mulai mandiri dan tanggap pada saat terjadi bencana, masyarakat mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan dan selalu diwaspadai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marom, Moch. HusnilHusnil28@gmail.comB92215079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDMarom, Moch. HusnilHusnil28@gmail.comB92215079
Subjects: Bencana alam
Kesejahteraan Sosial
Lingkungan Hidup
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pendampingan, Pengurangan Risiko Bencana Banjir Dan Erosi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Marom Moch. Husnil
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:47
Last Modified: 13 Aug 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34784

Actions (login required)

View Item View Item