مدى تأثير احترافية المعلمات وتسهيلات البيئة العربية على تنمية مهارة الكلام لدى طالبات القسم التخصصي بمعهد منبع الصالحين للبنات

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurah, Nurah (2019) مدى تأثير احترافية المعلمات وتسهيلات البيئة العربية على تنمية مهارة الكلام لدى طالبات القسم التخصصي بمعهد منبع الصالحين للبنات. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurah_F02617206.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Arab tidak kalah penting dibandingkan bahasa lain, dengan keterampilan-keterampilan yang harus diperoleh agar dapat menguasainya, keterampilan-keterampilan tersebut tidak lain adalah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan berbicara, unit-unit pendidikan telah mendatangkan guru-guru yang profesional, mengingat profesionalisme adalah salah satu kompetensi yang ditetapkan dalam undang-undang no. 14 tahun 2005, di samping itu telah melengkapi lingkungan arab dengan sarana prasarana yang dibutuhkan sebagaimana tertera dalam pasal 54 undang-undang Republik Indonesia tahun 2003. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) profesionalisme guru bahasa Arab di bagian unggulan pondok pesantren puteri Mambaus Sholihin. (2) sarana prasaran lingkungan bahasa Arab di bagian unggulan pondok pesantren puteri Mambaus Sholihin. (3) tingkat pengaruh profesionalisme guru dan sarana prasaran lingkungan bahasa Arab terhadap pengembangan maharah kalam santri unggulan pondok pesantren puteri Mambaus Sholihin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi untuk menjawab rumusan-rumusan masalah melalui angka dan rumus statistic. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa profesionalisme guru dan sarana prasaran lingkungan bahasa Arab baik, juga menunjukkan bahwa sarana prasaran lingkungan bahasa Arab lebih berpengaruh terhadap pengembangan keterampilan berbicara santri unggulan pondok pesantren puteri Mambaus Sholihin dengan koefisien korelasi sebesar 0,5 dibandingkan dengan profesionalisme guru yang koefisien korelasinya sebesar 0,18.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurah, Nurahnurahsudiman406@gmail.comF02617206
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan_at@yahoo.com198503142015031003
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurah Nurah
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:47
Last Modified: 15 Aug 2019 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34843

Actions (login required)

View Item View Item