الوسائل التعليمية عبر الإنترنت والكفاءة المهنية لدى معلمي برنامج اللغة العربية المكثفة لتعليم كتاب “العربية المعاصرة" عبر الإنترنت وتأثيرها على تنمية مهارة الكلام لطلبة فصل "ج" في كلية أصول الدين بجامعة سونن أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Nur Indah (2019) الوسائل التعليمية عبر الإنترنت والكفاءة المهنية لدى معلمي برنامج اللغة العربية المكثفة لتعليم كتاب “العربية المعاصرة" عبر الإنترنت وتأثيرها على تنمية مهارة الكلام لطلبة فصل "ج" في كلية أصول الدين بجامعة سونن أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Indah Rofiqoh_F02617205.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa adalah sarana untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran manusia dan sarana komunikasi dan pemahaman antar individu atau kelompok. Bahasa penting dalam kehidupan manusia karena mereka membutuhkan bahasa ketika mereka berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, dan mereka juga merupakan tanda-tanda makhluk di dunia. Dalam mengajar bahasa, seorang guru membutuhkan metode, teknik, dan media pembelajaran yang bermacam-macam. Media pembelajaran adalah sarana untuk meningkatkan pembelajaran dan pengajaran, untuk memperjelas makna dan ide, melatih keterampilan, mengembangkan orientasi, dan untuk menanamkan nilai-nilai yang diinginkan, tanpa bergantung pada kata-kata, simbol dan angka. Media pembelajaran penting untuk pengembangan kecerdasan dan sifat fisik anak. Dengan media pembelajaran, siswa dapat melatih keterampilan bahasa mereka dan mengembangkan kreativitas mereka. Ada beberapa elemen dalam keberhasilan proses pendidikan, yaitu guru, siswa, mata pelajaran, kurikulum, fasilitas, administrasi dan lingkungan. Dari enam elemen ini, guru adalah elemen yang paling penting dan memainkan peran penting dalam proses pendidikan. Dan memiliki peran dalam proses pengembangan siswa dalam hal konsep kepribadian dan pengetahuan, keterampilan dan kecerdasan, perilaku dan kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui media pembelajaran online program intensif bahasa Arab dalam mempelajari buku MSA berbasis online di kelas “C” fakultas ushuluddin dan filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya, (2) Mengetahui kompetensi profesional dosen program intensif bahasa Arab dalam mempelajari buku MSA berbasis online di kelas “C” fakultas ushuluddin dan filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya, (3) Mengetahui pengaruh media pembelajaran online dan kompetensi profesional dosen program intensif bahasa Arab dalam mempelajari buku MSA berbasis online dan pengaruhnya terhadap keterampilan berbicara mahasiswa kelas “C” di fakultas ushuluddin dan filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi (Karl Pearson) dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui adanya pengaruh antara dua variable atau lebih. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan angka, rumus dan analisis statistik. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat adanya pengaruh yang sangat rendah antara media pembelajaran dan keterampilan berbicara mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,180. Sedangkan koefisien korelasi antara kompetensi profesional dan keterampilan berbicara mahasiswa sebesar 0,152. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lebih berpengaruh terhadap keterampilan berbicara mahasiswa dibandingkan dengan kompetensi profesional dosen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, Nur Indahnuriendah.rofiqoh@gmail.comF02617205
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id197407251998031001
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rofiqoh Nur Indah
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:33
Last Modified: 15 Aug 2019 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34844

Actions (login required)

View Item View Item