Peran Pendidik Agama Islam Dalam Menangkal Radikalisme Agama (Studi Kasus di SMAN 2 Magetan)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hudda, Achyar (2019) Peran Pendidik Agama Islam Dalam Menangkal Radikalisme Agama (Studi Kasus di SMAN 2 Magetan). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ACHYAR HUDDA_F52317368.pdf

Download (3MB)

Abstract

Radikalisme agama yang berkembang telah menjadi fenomena tersendiri dalam masyarakat agamis. Salah satu yang terkena dampaknya adalah dunia pendidikan. Dimana peserta didik sangat rentan terhadap faham radikalisme ini.Keberadaan pemahaman radikal ini tentu tidak sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri, apalagi menyangkut pendidikan agama. Pendidik agama Islam merupakan salah satu pihak yang bertugas dan bertanggungjawab dalam menghindarkan siswa dari paparan paham radikalisme tersebut. Maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah “Peran pendidik agama Islam dalam mencegah radikalisme agama ( Studi kasus di SMAN 2 Magetan).Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui pemahaman keagamaan siswa siswi di SMAN 2 Magetan, 2. Mengetahui bagaimana strategi dan pola penyebaran radikalisme di SMAN 2 Magetan, 3. Peran pendidik agama Islam dalam menangkal radikalisme agama di SMAN 2 Magetan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tiga metode, yaitu melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1. Pemahaman agama siswa siswi di SMAN 2 Magetan sangat moderat, ditunjukkan dengan toleransi beragama dalam pelaksanaan keagamaan. 2. Penyebaran radikalisme yang pernah terjadi di SMAN 2 Magetan melalui salah satu cabang kegiatan rohis, cabang kegiatan ta’lim menjadi pintu masuk pemahaman radikalisme agama. 3. Peran pendidik agama Islam di SMAN 2 Magetan antara lain; a). Menumbuhkan kesadaran beribadah, ).Meningkatkan mutu pembelajaran dengan multidisipliner, c). Pembinaan dan pengawasan kegiatan keagamaan, d). Meningkatkan pemahaman ibadah dan mu’amalah, e). Pembinaan akhlakul karimah dengan pendekatan agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hudda, Achyarahyar.huda@gmail.comF52317368
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus SalamahUNSPECIFIED196903211994032003
Subjects: Radikal dan Radikalisme
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hudda Achyar
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:36
Last Modified: 16 Aug 2019 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34957

Actions (login required)

View Item View Item