تطوير استخدام وسيلة الفيدييو التعليمية لتنمية مهارة الكلام عن موضوعات النحو في كتاب العربية المعاصرة لطلاب الجدد بالجامعة الإسلامية الحكومية سونن أمبيل سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nawangsih, Dewi (2019) تطوير استخدام وسيلة الفيدييو التعليمية لتنمية مهارة الكلام عن موضوعات النحو في كتاب العربية المعاصرة لطلاب الجدد بالجامعة الإسلامية الحكومية سونن أمبيل سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Nawangsih_F52617195.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mahasiswa baru di UIN Sunan Ampel Surabaya. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campunan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah : (1) Obsevasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi ( 4) Tes. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan teori 4D yang divalidasi dua ahli materi dan media, hasil validasi menunjukkan nilai ( 84 % ) dengan katagori baik sekali dan 78 % dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab terbukti efektif hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus T- Test yang menunjukkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel dengan nilai positif (8,6>2,57) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Begitu juga dengan signifikasi probabilitas data lebih kecil dari derajat alfa (kesalahan) yaitu 0,00<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penggunaan media pembelajaran yang yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara untuk mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nawangsih, Dewidewinawangsih11@gmail.comF52617195
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, MuhammadMuhammadthohir@uinsby.ac.id197407251998031001
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: upload mandiri
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nawangsih Dewi
Date Deposited: 19 Aug 2019 01:41
Last Modified: 19 Aug 2019 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34960

Actions (login required)

View Item View Item