Optimalisasi Integrated Curriculum Dalam Membangun Brand Image Kepesantrenan Di Masyarakat (Studi Kasus Di Smp Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Imroatul (2019) Optimalisasi Integrated Curriculum Dalam Membangun Brand Image Kepesantrenan Di Masyarakat (Studi Kasus Di Smp Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatul Azizah_F02317079.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap sekolah memiliki kurikulum sesuai dengan visi dan misi mereka. Kurikulum terintegrasi dianggap sebagai kurikulum yang memiliki dampak positif terhadap citra sebuah lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) bagaimana implementasi integraed curriculum di SMP Progresif Bumi Shalawat; 2) bagaimana strategi mengoptimalkan integrated curriculum dalam membangun brand image kepesantrenan di masyarakat; dan 3) bagaimana faktor pendukung dan penghambat integrated curriculum dalam membangun brand image kepesantrenan di SMP Progresif Bumi Shalawat.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitiatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan tiga hal utama. Pertama, kurikulum yang digunakan di SMP Progresif Bumi Shalawat adalah kurikulum terintegrasi yang terdiri dari Kurikulum Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dipadupadankan dengan kurikulum Pesantren Progresif Bumi Shalawat untuk menyeimbangkan antara kurikulum umum dan kurikulum agama. Kedua, strategi mengoptimalkan integrated curriculum dalam membangun brand image kepesantrenan adalah dengan cara memaksimalkan semua program kegiatan, mengevaluasinya secara kontinyu, dikoordinir oleh penanggung jawab guru, dan menetapkan target pencapaiannya. Ketiga, faktor pendukung integrated curriculum dalam membangun brand image kepesantrenan mencakup antara lain dilakukannya outdoor learning, native speaker, dan quality assurance. Sedangkan faktor penghambatnya adalah mahalnya infaq pada yayasan dan lembaga sebelum melakukan survey terlebih dahulu. Penelitian ini menyarankan bahwa sekolah perlu meningkatkan program semaksimal mungkin sehingga mendapatkan brand image positif di masyarakat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Imroatulimroatulazizah9@gmail.comF02317079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com196703111992031003
Subjects: Kurikulum
Masyarakat
Keywords: Optimalisasi Integrated Curriculum
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azizah Imroatul
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:08
Last Modified: 15 Aug 2019 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34988

Actions (login required)

View Item View Item