Hubungan Parental Acceptance Dan Persepsi Iklim Madrasah Terhadap Identitas Diri Peserta Didik Di Mts Bani Hasyim Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, I'in Khalimatus (2019) Hubungan Parental Acceptance Dan Persepsi Iklim Madrasah Terhadap Identitas Diri Peserta Didik Di Mts Bani Hasyim Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
I'in Khalimatus S_F52317076.pdf

Download (7MB)

Abstract

Peserta didik remaja akan menghadapi salah satu tugas perkembangan yaitu pembentukan identitas diri, dengan memiliki identitas diri yang positif peserta didik dapat meningkatkan prestasi belajar mereka. Identitas diri sebagai penilaian individu melalui observasi secara subjektif terhadap dirinya sendiri sebagai pribadi yang unik. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi pembentukan identitas diri diantaranya sikap penerimaan (acceptance) orang tua dan kondisi madrasah. Parental acceptance dinilai sebagai sikap orang tua yang dapat memunculkan identitas diri yang baik. Persepsi iklim madrasah sebagai proses interpretasi peserta didik terhadap kondisi di madrasah akibat interaski seluruh elemen madrasah. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara parental acceptance dan persepsi iklim madrasah terhadap identitas diri peserta didik.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif regresi linier berganda yaitu untuk mencari korelasi (hubungan) antara parental acceptance dan persepsi iklim madrasah terhadap identitas diri peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa/i yang ditentukan secara random dari jumlah populasi yaitu 165 siswa/i. Penelitian dilaksanakan di MTs Bani Hasyim Lengkong Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dengan alat pengumpulan data yaitu skala parental acceptance, skala persepsi iklim madrasah dan skala identitas diri model likert. Berdasarkan nilai uji statistik product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) 0,992 dengan signifikansi (Sig.) 0,000 < 0,05 maka hipotesis pertama diterima, artinya ada hubungan antara parental acceptance terhadap identitas diri. Dan nilai korelasi (r) 0,916 dengan signifikansi (Sig.) 0,000 < 0,05 maka hipotesis kedua diterima, artinya ada hubungan antara persepsi iklim madrasah terhadap identitas diri. Berdasarka hasil uji regresi linier berganda diperoleh nilai signifikansi (Sig.) 0,000 < 0,05 maka hipotesis ketiga diterima. Artinya ada hubungan antara parental acceptance dan persepsi iklim madrasah terhadap identitas diri. Jadi semakin tinggi parental acceptance dan persepsi iklim madrasah maka semakin tinggi pula identitas diri peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, I'in Khalimatusiinkhalimatus@gmail.comF52317076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotimah, S. KhorriyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi Islam
Keywords: Parental Acceptance ; Persepsi Iklim Madrasah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sa'diyah I'in Khalimatus
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:16
Last Modified: 15 Aug 2019 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35009

Actions (login required)

View Item View Item