Pembentukan kecakapan hidup (life skill) melalui program literasi pada pembelajaran al-qur'an di mts darul hikmah prasung buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rukmana, Shofiyurrohman Kusuma (2019) Pembentukan kecakapan hidup (life skill) melalui program literasi pada pembelajaran al-qur'an di mts darul hikmah prasung buduran Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiyurrohman Kusuma Rukmana_F12317312.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Pembentukan Kecakapan Hidup melalui Program Literasi pada Pembelajaran al-Qur’an di MTs Darul Hikmah Prasung Buduran Sidoarjo. Adapun rumusan masalah pada tesis ini adalah: 1. Bagaimana proses pelaksanaan program literasi pada pembelajaran al-Qur’an di MTs Darul Hikmah Prasung?. 2. Bagaimana dampak program literasi pada pembelajaran al-Qur’an di MTs Darul Hikmah Prasung terhadap pembentukan nilai kecakapan hidup ?. 3. Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembentukan kecakapan hidup melalui program literasi pada pembelajaran al-Qur’an di MTs Darul Hikmah Prasung?Pengumpulan data dari penelitian kualitatif ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk dampak pembentukan kecakapan hidup melalui program literasi pada pembelajaran al-qur’an dengan menggambarkan pola.Dari penelitian yang dilaksanakan di MTs Darul Hikmah Prasung Buduran Sidoarjo ditemukan adanya proses pelaksanaan program literasi terhadap pembentukan kecakapan hidup yang mencakup kecakapan diri (personal skill), kecakapan berfikir (thinking skill), kecakapan bekerja sama (social skill), kecakapan berfikir ilmiah (academic skill), dan kecakapan kejuruan (vocational skill). Begitu juga ditemukannya dampak program literasi terhadap pembentukan kecakapan hidup. Juga ditemukannya faktor pendukung pembentukan kecakapan hidup melalui program literasi diantaranya adalah kerjasama warga sekolah, tenaga pendidik yang profesional, sebagian murid mengikuti madrasah diniyah, guru melakukan monitoring dan evaluasi, sarana prasarana yang baik, serta ditemukannya faktor penghambatnya adalah tidak ada usaha memperbaiki kemampuan, kurangnya minat dan kesadaran pentingnya literasi, datang terlambat, dan kurangnya dorongan orang tua.Dalam hal ini MTs Darul Hikmah Prasung sebagai lembaga pendidikan yang telah berperan membentuk pendidikan kecakapan hidup untuk menjaga kelangsungan hidup dan perkembangan para murid melalui program literasi pada pembelajaran al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rukmana, Shofiyurrohman Kusumashofiyurrohmankr@gmail.comF12317312
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, SaifulUNSPECIFIED196912121993031003
Subjects: Al Qur'an
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rukmana Shofiyurrohman Kusuma
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:48
Last Modified: 15 Aug 2019 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35073

Actions (login required)

View Item View Item