Analisis Hukum Islam terhadap Alih Fungsi Rumah Kontrakan untuk Bisnis di Jemurwonosari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Soleh, Moch Badrus (2019) Analisis Hukum Islam terhadap Alih Fungsi Rumah Kontrakan untuk Bisnis di Jemurwonosari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
moch. Badrus Soleh_C02215042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Alih Fungsi Rumah Kontrakan Untuk Bisnis di Jemurwonosari Surabaya” ini merupakan penelitian menjawab dua rumusan masalah; 1) Bagaimana praktik rumah kontrakan yang alih fungsi untuk bisnis di Jemur Wonosari Surabaya? Dan 2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap alih fungsi rumah kontrakan di Jemur Wonosari Surabaya? Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang dihimpun melelui wawancara, dokumentasi, dan observasi lalu data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif melalui pola pikir deduktif yakni penelitian yang menguraikan teori hukum Islam dan Ijarahuntuk menganalisis praktik tentang sewa-menyewa rumah kontrakan yang dimanfaatkan untuk bisnis di Jemurwonosari. Hasil penelitian menyatakan praktik Praktik alih fungsi rumah kontrakan yang berada di Jemur Wonosari Surabaya belum sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Hal ini dikarenakan pihak A selaku penyewa telah melanggar perjanjian yakni mengalih fungsikan rumah yang dikontraknya untuk mendapatkan keuntungan tanpa persetujuan pemilik rumah tersebut. Sedangkan menurut analisis hukum Islam, dapat diketahui bahwa praktik sewa-menyewa rumah kontrakan di Jemurwonosari tidak sah. Hal ini dikarenakan dalam rukun ijarah yakni pada sighat (ijab dan qabul) tidak sesuai dengan perjanjian yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini, musta’jir mengalih fungsikan rumah yang dikontraknya tersebut untuk dijadikan indent kos (kos harian) untuk memperoleh keuntungan padahal hal tersebut sudah dilarang oleh pihak mu’jir. Dari hasil kesimpulan yang telah disebutkan diatas, maka dibawah ini beberapa saran yang dapat penulis sampaikan pertama : diharapkan bagi mereka yang berkait dalam praktik sewa-menyewa rumah kontrakan di Jemurwonosari Surabaya, tentunya warga Jemurwonosari yang beragama Islma jangan sampai terjadi perselisihan dan merugikan antara satu sama yang lain. kedua diharapkan kepada seluruh mahasiswa yang mau kos atau ngontrak rumah harus mentaati peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemilih rumah tersebut tanpa terkecuali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Soleh, Moch Badrusbadrusbodenk08@gmail.comC02215042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hadi, H. ABu AzamUNSPECIFIED1958081219910310
Subjects: Hukum Islam
Bisnis
Keywords: Hukum Islam; Alih Fungsi Rumah Kontrakan; Bisnis Rumah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Soleh Moch Badrus
Date Deposited: 16 Aug 2019 08:00
Last Modified: 16 Aug 2019 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35232

Actions (login required)

View Item View Item