Manajemen pendayagunaan dana zakat, infak, dan shadaqah pada program pendidikan Kampus Entrepreneur Penghafal Al-Quran (KEPQ) di Lembaga Amil Zakat Yayasan Nurul Hayat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Nike Wulandari Sinta (2019) Manajemen pendayagunaan dana zakat, infak, dan shadaqah pada program pendidikan Kampus Entrepreneur Penghafal Al-Quran (KEPQ) di Lembaga Amil Zakat Yayasan Nurul Hayat Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nike Wulandari Sinta Dewi_F12415238.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan dana ZIS di Indonesia belum lah optimal untuk itu dibutuhkan manajemen yang bagus khususnya dalam pendayagunaan dana yang efektif manfaatnya dan jatuh pada yang berhak secara tepat guna. Sedangkan tantangan terbesar dari optimalisasi zakat adalah bagaimana mendayagunakan dana ZIS menjadi tepat sasaran dan tepat guna. Upaya ini dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Yayasan Nurul Hayat Surabaya dalam pendayagunaan dana ZIS pada program pendidikan Kampus Entrepreneur Penghafal Quran (KEPQ).Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana manajemen pendayagunaan dana ZIS di Lembaga Amil Zakat Yayasan Nurul Hayat Surabaya? 2.Bagaimana manajemen pendayagunaan dana ZIS pada program pendidikan Kampus Entrepreneur Penghafal Quran (KEPQ) di Lembaga Amil Zakat Yayasan Nurul Hayat Surabaya?Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Lembaga Amil Zakat Yayasan Nurul Hayat dalam mendayagunakan dana ZIS ini membagi dana yang telah terhimpun menjadi lima sektor yaitu pendidikan, kesehatan, dakwah, sosial kemanusiaan dan pemberdayaan ekonomi dhuafa. Dengan dilakukan perencanaan yang matang dan pengawasan dalam mengontrol keluar masuk dana ZIS yang dianggarkan oleh masing-masing divisi program. 2. Pendayagunaan dana ZIS pada program pendidikan Kampus Entrepreneur Penghafal Quran (KEPQ) bersifat produktif dengan memberikan beasiswa kepada anak yatim dan kaum dhuafa dengan harapan agar kelak mereka mandiri secara ekonomi. Dengan adanya program KEPQ ini diharapkan para alumni mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapat mandiri secara ekonomi dan bukan lagi sebagai mustahik melainkan sebagai muzaki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Nike Wulandari Sintanikedewi272@gmail.comF12415238
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, MugiyatiUNSPECIFIED197102261997032001
Subjects: Manajemen
Keywords: Kampus Entrepreneur Penghafal Al-Quran; KEPQ
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dewi Nike Wulandari Sinta
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:58
Last Modified: 21 Aug 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35454

Actions (login required)

View Item View Item