Optimalisasi peran Bank Wakaf Mikro dalam pemberdayaan ekonomi pelaku usaha sekitar pesantren di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2019) Optimalisasi peran Bank Wakaf Mikro dalam pemberdayaan ekonomi pelaku usaha sekitar pesantren di Jawa Timur. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
SIti Aisyah - F02417147.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Optimalisasi Peran Bank Wakaf Mikro dalam Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi Pelaku Usaha Sekitar Pesantren di Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan optimalisasi peran Bank Wakaf Mikro dalam pemberdayaan masyarakat ekonomi pelaku usaha sekitar pesantren di Bank Wakaf Mikro al Fithrah Wava Mandiri Surabaya dan Bank Wakaf Mikro Denanyar Sumber Barokah Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi komparatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi tentang optimalisasi peran Bank Wakaf Mikro dalam pemberdayaan masyarakat ekonomi pelaku usaha mikro sekitar pesantren. Data yang telah terhimpun kemudian diolah dan dianalisis dengan pola pikir deskriptif-kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1. peran Bank Wakaf Mikro dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat pelaku usaha sekitar pesantren di jawa timur yaitu sebagai : a. Peran lembaga sebagai agen sosial masyarakat yang didalamnya terdiri dari pemberian pembiayaan dan pendampingan usaha kepada masyarakat. b. Peran lembaga yang menempel pada pondok, sebagai lembaga yang menempel pada pondok Bank Wakaf Mikro membantu dalam penyebaran syi’ar kepada masyarakat. c. Peran lembaga sebagai lembaga yang mengelola dana wakaf. Selanjutnya dalam mengoptimalkan peran dalam pemberdayaan masyarakat dengan melakukan pemberdayaan dengan melakukan pendampingan melalui pertemuan mingguan yaitu HALMI. dalam pertemuan dilakukan juga pendampingan yang terkait tiga hal : a. peningkatan usaha. b. manejemen rumah tangga dan c. spiritual. Saran dari adanya penelitian ini adalah: Pertama, Pendampingan kepada nasabah yang dilakukan setiap minggu dilakukan lebih intens dan menanyakan kepada nasabah apabila usaha mereka menurun dengan melakukan pendekatan. Yang kedua, peneliti mempunyai harapan akan banyak didirikan Bank Wakaf Mikro di seluruh pesantren di Indonesia agar nantinya usaha usaha kecil yang dimiliki bisa berkembang dan terbantu dengan adanya lembaga ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Sitiaisyah17202@gmail.comF021417147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiati, Mugiatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Lembaga Keuangan; Mikro Syariah; Bank Wakaf; Pemberdayaan.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aisyah Siti
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:40
Last Modified: 05 Sep 2019 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35598

Actions (login required)

View Item View Item