إعداد كراسة التدريبات لمادة تعليم اللغة العربية باستخدام مهارة عمليات التفكير العليا لترقية إنجاز العربية لتلاميذ الصف السابع من المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 سيدوارجوا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Siti Ta'mirul (2019) إعداد كراسة التدريبات لمادة تعليم اللغة العربية باستخدام مهارة عمليات التفكير العليا لترقية إنجاز العربية لتلاميذ الصف السابع من المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 سيدوارجوا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ta'mirul Ummah_F12616322.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Soal-Soal HOTS untuk meningkatkan Prestasi Bahasa Arab Peserta Didik Kelas Tujuh di MTs Negeri 1 Sidoarjo

Beberapa materi ajar ditulis dalam buku teks, dan lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu dari jenis buku teks sebagai buku tambahan dalam proses pembelajaran. Banyak sekolah menggunakan LKPD dalam proses pengajaran bahasa Arab, tetapi sangat disayangkan bahwa LKPD yang digunakan masih sangat sederhana dan tidak sesuai dengan beberapa tujuan kurikulum nasional yang tertera dalam Keputusan Menteri Agama No. 165 tahun 2014. LKPD yang digunakan MTs Negeri 1 Sidoarjo belum mendorong peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mereka seperti yang diharapkan oleh Kurikulum Nasional dengan 4C : berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Terutama dalam hal berpikir kritis, banyak soal yang masih berada di level pertama (C1, C2), sedangkan peserta didik membutuhkan tantangan yang dapat mendorong mereka untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagaimana tuntutan tujuan pendidikan di abad 21. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menulis buku latihan untuk pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan soal-soal HOTS (High Order Thinking Skill) untuk meningatkan prestasi bahasa Arab siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, tekhnik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, kuesioner, wawancara, dokumen, tes, dan lembar validasi. Setelah mengujicoba LKPD ini, diketahui bahwa penggunaan LKPD dengan soal-soal HOTS layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahsa Arab peserta didik kelas tujuh di MTs Negeri 1 Sidoarjo khususnya maharah qiraah dan kitabah, berdasarkan pada respons peserta didik yang baik, dan terdapat peningkatan pada hasil tes : pre-test 65 dan post-test 81.9. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t-hitung > t-tabel yaitu 10,92 > 2,06 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Siti Ta'mirulsiti17cholidah@gmail.commF12616322
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwati, EniUNSPECIFIED196512211990022001
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ummah Siti Ta'mirul
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:45
Last Modified: 20 Sep 2019 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35644

Actions (login required)

View Item View Item