IMPLEMENTASI METODE INSERSI OLEH GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAMI DI MADRASAH ALIYAH AL HIDAYAH KABUPATEN BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qosim, Abdullah (2015) IMPLEMENTASI METODE INSERSI OLEH GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAMI DI MADRASAH ALIYAH AL HIDAYAH KABUPATEN BANGKALAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam memiliki peranan penting dalam pembentukan perilaku siswa, agar siswa memiliki tingkah laku yang sesuai dengan ajaran Islam dalam setiap segi kehidupannya. Oleh karena itu perlu ada penanaman nilai-nilai agama Islam sebagai benteng dari prilaku yang bersifat negatif dan destruktif, terlebih di era globalisasi sekarang ini yang ditandai berbagai kemajuan media globalisasi yang tidak hanya menghibur dan mendidik, akan tetapi juga menyesatkan karena bertentangan dengan nilai-nilai Islami.
Madrasah Aliyah sebagai sekolah menengah umum yang berciri khas agama Islam diharapkan untuk mengembangkan ajaran Islamnya secara mendalam. Dari uraian tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Implementasi Metode Insersi oleh Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Islami di Madrasah Aliyah Al Hidayah Bangkalan. Dengan rumusan masalah bagaimana implementasi metode insersi oleh guru dalam penanaman nilai-nilai Islami di MA Aliyah Bangkalan dan nilai-nilai agama Islam apa saja yang ditanamkan dengan metode insersi di MA Aliyah Bangkalan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai agama Islam yang ditanamkan dengan metode insersi di MA Aliyah Bangkalan, untuk mengetahui implementasi metode insersi oleh guru dalam penanaman nilai-nilai Islami di MA Aliyah Bangkalan.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis dan data-data hasil wawancara serta pengamalan perilaku sehingga dalam
hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, kemudian penulis sertakan
tabel sebagai pelengkap data dengan menggunakan teknik analisis data prosentase.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat menunjukkan bahwasanya di MA Aliyah Bangkalan telah menerapkan metode insersi dalam menanamkan nilai-nilai Islami pada mata pelajaran umum seperti mata pelajaran Biologi, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Fisika, Sosiologi, Antropologi, Sejarah Nasional, Penjas, Ekonomi, Kimia, Geografi, dan PKN. Dari pelajaran umum itulah seluruh guru mata pelajaran umum telah mengimplementasikan metode insersi dalam proses belajar mengajarnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Khoirun Ni’am
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qosim, AbdullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Insersi; Metode Pembelajaran; Guru; Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:24
Last Modified: 19 Jan 2016 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item View Item