Pola integrasi kultur keormasan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam kurikulum pembelajaran: studi kasus di MI Al Fithtrah dan MI Muhammadiyah 10 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Nur (2019) Pola integrasi kultur keormasan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam kurikulum pembelajaran: studi kasus di MI Al Fithtrah dan MI Muhammadiyah 10 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rofiqoh_F02317098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Judul tesis ini di angkat dari sebuah latar belakang tentang pola integrasi kultur keormasan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah studi kasus di MI Al-Fithrah dan MI Muhammadiyah 10 Surabaya. Dengan mengetahui pola integrasi kultur organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam kurikulum pembelajaran di lembaga pendidikan berbasis Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, diharapkan tidak ada lagi dikotomi pendidikan anatara Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui secara jelas tentang pola integrasi kultur organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama dalam pembentukan kurikulum pembelajaran di MI Al-Fithrah Surabaya dan pola integrasi kultur organisasi masyarakat Muhammadiyah dalam pembentukan kurikulum pembelajaran di MI Muhammadiyah. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode interelasi dan etnografi dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data di antaranya adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa pola integrasi di MI Al-Fithrah dan MI Muhammadiyah 10 dengan kultur organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa kultur ormas yang dikemas dalam kurikulum pembelajaran di masing-masing lembaga dengan teknik tertentu. Adapun detail hasil penelitian secara lebih lanjut dapat dikaji dalam pembahasan selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, Nurrofiqohmunim@gmail.comF02317098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir MalikiUNSPECIFIED1971110814996031002
Subjects: Budaya Organisasi
Muhammadiyah
Organisasi Masyarakat
Nahdlatul Ulama
Keywords: Integrasi kultur; oragnisasi masyarakat; Nahdlatul Ulama; Muhammadiyah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rofiqoh Nur
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:40
Last Modified: 03 Oct 2019 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35762

Actions (login required)

View Item View Item