STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA BI'RUL ULUM DESA GEMURUNG KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiriyah, Maftuchatul (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA BI'RUL ULUM DESA GEMURUNG KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan efektif seperti yang diinginkan di MA Bi`rul Ulum , dibutuhkan suatu keterampilan bagi guru dalam proses pembelajaran. Untuk dapat menciptakan pembelajaran yang baik, dapat dicarikan model pembelajaran yang tepat tentunya model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga siswa dapat memahami dengan jelas dan menyerap pengetahuan (knowledge) secara maksimal.
Model pembelajaran merupakan salah satu komponen utama yang harus dipenuhi dalam proses pembelajaran, maka seorang guru harus dapat memilih model pembelajaran yang tepat untuk suatu materi pelajaran sehingga siswa dapat dengan mudah memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang diajarkannya.
Dalam proses pembelajaran yanng berpusat pada guru ada beberapa peran yang harus dilakukan oleh guru tersebut diantaranya: guru sebagai perancana, guru sebagai pemberi informasi, guru sebagai evaluator.
Dalam melaksanakan perannya guru sering menggunakan metode ceramah sebagai metode utama. Metode ini di anggap ampuh dalam proses pengajaran, maka dari itu MA Bi`rul Ulum dalam strategi pembelajaran untuk materi PAI menggunakan strategi ekspositori, karena strategi ini sangat cocok untuk lingkungan siswa yang sangat membutuhkan bimbingan dari seorang guru dikarenakan baground ekonomi dari setiap siswa sangatlah beragam, dan bisa di kata dari golongan orang yang mempunyai ekonomi menengah ke bawah. Startegi pembelajaran ekspositori ini sangat menekankan pada penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.
Peneliti menemukan pengaruh besar dari strategi pembelajaran yang telah digunakan oleh bapak ibu guru, dengan bertambahnya kefahaman peserta didik terhadap materi yang telah di ajarkan, implikasi terhadap akhalak peserta didik yang sampai saat ini bertambah baik, dengan strategi pembelajaran ini bapak ibu guru menyajikan bahan pelajaran langsung kepada siswa, siswa tanpa ada tuntutan untuk mengolah bahan tersebut, dan kewajiban siswa mengusai secara penuh, dengan demikian dalam strategi ini guru berfungsi penyampai informasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Achmad Nur Fuad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiriyah, MaftuchatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Strategi Pembelajaran; PAI; Metode
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 06:18
Last Modified: 19 Jan 2016 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item