Peran kerajinan Batik Tulis Tanjungbumi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan masyarakat di Desa Macajah Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh B, Fatimatus (2019) Peran kerajinan Batik Tulis Tanjungbumi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan masyarakat di Desa Macajah Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatus Zahroh B_G71215017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Batik Tulis Tanjungbumi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dan Pendapatan Masyarakat di Desa Macajah Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan.” ini merupakan hasil penelitian yang menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran adanya batik tuls tanjungbumi dalam meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat desa macajah apakah masyarakat Desa Macajah merasakan kesajahteraan atau tidak dengan adanya batik tulis. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian pada studi kasus objek. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu pengelola tambak garam, perangkat desa, pekerja/karyawan tambak garam, konsumen garam yang ada di Desa Macajah Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa batik tulis tanjungbumi bisa meningkatkan pendapatan Desa macajah. Dalam proses dimulainya pembuatan batik tulis penggarapan awal batik fokus dengan motif dan warna pada kain batik, dan menjadikan penduduk desa sebagai pekerja, dengan demikian akan membantu kesejahteraan penduduk Desa macajah. Dengan demikian pemerintah Desa macajah tidak bingung lagi dengan pengangguran yang ada di desa macajah, bisa mengurangi angka pengangguran dan memberikan pendapatan tambahan pada batik tulis tanjungbumi. Namun ada satu hal yang menjadi hambatan dalam menjadi membuat batik tulis tanjungbumi, yaitu cuaca karena dalam proses pembuatan batik tulis membutuhkan energi matahari yang sangat panas sehingga bisa menghasilkan dan mempercepat produksi batik tulis tanjungbumi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh B, Fatimatuszahrohfatimatus606@gmail.comG71215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@gmail.com201603311
Subjects: Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Zahroh B Fatimatus
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:07
Last Modified: 10 Oct 2019 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35894

Actions (login required)

View Item View Item