Analisis hukum Islam terhadap pemberian Giveaway bersyarat dalam akun Instagram @sakinaholshopsby

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardianti, Dita (2019) Analisis hukum Islam terhadap pemberian Giveaway bersyarat dalam akun Instagram @sakinaholshopsby. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Mardianti_C02215016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Pemberian Giveaway Bersyarat dalam Akun Instagram @Sakinaholshopsby”. Skripsi ini disusun berdasarkan tujuan menjawab pertanyaan suatu masalah, yakni meliputi: (1) Bagaimana praktik pemberian giveaway dalam akun akun instagram @sakinaholshopsby. (2) Bagaimana analisis hukum islam terhadap pemberian giveaway dalam akun instagram @sakinaholshopsby. Dalam pengumpulan data yang ada, metode yang digunakan adalah field research dengan observasi dan mengumpulkan data dari sejumlah wawancara dengan pihak-pihak terkait serta pengumpulan dokumentasi yang selanjutnya data dibangun dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yakni tentang Praktik Pemberian Giveaway Bersyarat dalam Akun Instagram @sakinaholshopsby. Lalu output dari penelitian ini adalah analisis yang diuraikan dengan berpijakan pada hukum Islam. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik pemberian giveaway pada akun instagram @sakinaholshopsby, terdapat syarat yang diharuskan yakni mengikuti akun instagram @sakinaholshopsby, menyukai, komen serta merepost ulang foto. Serta syarat yang diajukan kepada pemenang yang terpilih dimana untuk pemberian hadiahnya pemenang di haruskan membayar hadiah senilai separuh harga dulu kemudian baru dikirim. Dalam perspektif hukum Islam, praktik giveaway semacam ini merupakan praktik pemberian hadiah yang sah selama kedua belah pihak menyatakan kerelaan atau keridhaannya seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan HR. Ahmad. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka pihak yang berkaitan dengan praktik pemberian giveaway pada akun instagram @sakinaholshopsby disarankan: pertama, bagi pelaku usaha sebaiknya dalam melaksanakan giveaway memberikan informasi secara menyeluruh mengenai syarat apa saja yang harus dilakukan oleh peserta agar transaksi ini lebih sempurna dalam hukum Islam. Kedua, bagi peserta yang mengikuti giveaway untuk membaca dan menanyakan terlebih dahulu mengenai giveaway yang dilaksanakan oleh akun instagram @sakinaholshopsby agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mengikuti giveaway tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardianti, Ditaditamardianti5@gmail.comC02215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohmad, Ahmad Khubby AliUNSPECIFIED19780920200911009
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Perdata Islam
Dagang > Hukum, Dagang
Keywords: Pemberian Giveaway bersyarat; akun Instagram
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mardianti Dita
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:40
Last Modified: 31 Oct 2019 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36060

Actions (login required)

View Item View Item