Implementasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah I’dadiyah Ma'had Aly Sukorejo Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukandi, Sukandi (2009) Implementasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah I’dadiyah Ma'had Aly Sukorejo Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sukandi_D51206235.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36136

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi berjudul: Implementasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah fdadiyah Ma'had Aly Sukorejo Situbondo tahun pelajaran 2008-2009 adalah: 1. Bagaimana implementasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah I'dadiyah Ma'had Aly Sukorejo Situbondo tahun pelajaran 2008-2009? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran kitab kuning di Madrasah l'dadiyah Ma'had Aly Sukorejo Situbondo tahun pelajaran 2008-2009? 3. Bagaimana cara mengatasi hambatan tersebut? Terkait dengan permasalahan tersebut di atas, maka dalam penelitian lapangan ini digunakan metode deskriptif fenomenologis (metode kualitatif) untuk memberikan fakta tentang Implementasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah I'dadiyah Ma'had Aly Sukorejo Situbondo. Mengingat luasnya masalah yang tercakup dalam penelitian ini maka Implementasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah I’dadiyah Ma'had Aly Sukorejo Situbondo dibatasi dengan pendekatan tekstual, kontekstual dan an naqdu. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Implementasi pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah I'dadiyah Ma'had Aly Sukorejo ialah: Pendekatan tekstual, yaitu memahami nushush secara lughawiyah, harfiyah dan tarkibiyah. Pendekatan kontekstual, yaitu memahami nushsuh secara cermat dan dititikberatkan pada maqashid al-syar'iyyah-nya dengan te1aah secara kritis (al-naqd). Pendekatan naqdiyah (kritis), yaitu melatih diri untuk mencoba melihat beberapa karya para imam mujtahid dengan muqobalatu al-kutub al-qodimah wa al-mu'ashirah (komparasi kitab-kitab klasik dan referensi kontemporer). Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kitab Kuning di Madrasah I’dadiyah Ma'had Aly Sukorejo Situbondo, yaitu adanya keinginan yang sangat besar untuk mendalami ilmu agama (fiqh), semua santri I'dadiyah dapat membaca kitab. Sistem evaluasi yang sangat kuat suasana dan lingkungan sangat kondusif untuk belajar karena didukung sarana dan prasarana yang lengkap dan juah dari keramaian, mayoritas santri yang ada di I’dadiyah menempuh program S.I, adanya pendampingan yang ketat dari musyrif sebagai teman belajar dan curhat, dan pengajar semuanya lulusan Ma'had Aly dan sangat profesional. Sedangkan faktor penghambat metode pembelajaran kitab kuning di Madrasah I'dadiyah Ma'had Aly Sukorejo Situbondo, yaitu, santri kurang memperhatikan kedisiplinan waktu ada sebagian peserta didik yang kurang siap ketika mendapat tugas presentasi dan tugas-tugas yang lainnya, penggunaan lab bahasa tidak maksimal. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu; Memaksimalkan kinerja para staf lembaga I'daddiyah, memberikan pembelajaran diluar jadwal formal, merenovasi lab. Bahasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukandi, Sukandi--D51206235
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuazni, Muazni--197010312000031001
Subjects: Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pembelajaran; kitab kuning; Madrasah I’dadiyah Ma'had Aly
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2019 08:02
Last Modified: 13 Nov 2019 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36136

Actions (login required)

View Item View Item