Pengaruh Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap ketuntasan belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa Kelas IX SMP Taman Pendidikan Islam (TPI) Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Siti Chalimatus (2009) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap ketuntasan belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa Kelas IX SMP Taman Pendidikan Islam (TPI) Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) disekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang agama islam. Hanya sedikit arahnya pada proses intrnalisasi nilai-nilai islam pada diri siswa. hal ini dapat dilihat dari prises pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih dominan pada ceramah. Proses internalisasi tidak secara otomatis terjadi ketika nilai-nilai tertentu sudah dipahami oleh siswa . artinya, metode ceramah yang digunakan oleh guru ketika mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berpeluang besar gagalnya proses internalisasi nilai-nilai agama islam pada diri siswa. dengan demikian perlu dipikirkan metode atau pembelajaran lain yang lebih memberikan peluang untuk terjadinya internalisasi nilai-nilai islam tersebut. Salah satu pendekatan yang dapat dijadikan alternativ untuk itu adalah pendekatan pembelajaran kontekstual. Dalam pembelajaran konstektual terdapat 7 prinsip, yaitu : (1) contructivism, (2) inquiri , (3) questioning, (4) learning community, (5) modeling, (6) reflection, dan (7) authentic assessment. Dilihat dari prinsip-prinsip tersebut, memungkinkan terjadinya proses internalisasi nilai agama islam pada diri siswa ketika guru mengajarkan mata pelajaran PAI dengan pendekatan konstektual. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi ini dengan mengambil judul Pengaruh Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap Ketuntasan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa kelas IX SMP Taman Pendidikan Islam (TPI) Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Gedangan Sidoarjo, tepatnya di SMP Taman Pendidikan Islam (TPI). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang didalamnya terdapat 2 variabel yakni pembelajaran kontekstual dan ketuntasan belajar Pendidikan Agama Islam (PAI.). Penelitian ini dinamakan penelitian populasi karena semua populasinya dijadikan sampel, dan metode yang digunakan untuk memperoleh data meliputi wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Berdasarka hasil penelitian, diketahui bahwa data tentang pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada materi Pendidikan Agama Islam (PAI) tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase yaitu 87%. Dan angka tersebut bila dikonsultasikan dengan standart prosentase tergolong baik. Untuk ketuntasan belajar Pendidikan Agama Islam, tergolong tuntas baik secara individu maupun secara klasikal (kelompok), hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase ketuntasan belajar siswa secara individual mencapai prosentase antara 80% - 90%, sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai prosentase 87%, yang mana secara teori seorang siswa dikatakan bisa tuntas belajar baik secara individual maupun klasikal harus memperoleh minimal 75%. Selanjutnya untuk mencari korelasi antara keduanya, maka digunakan rumus Porduct Moment. Dan hasil perhitungan nilai r sebesar 0,759, jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi, maka hasil perhitungan tersebut berkisar antara 0,600 s/d 0,800 yang berarti cukup tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Siti Chalimatus--UNSPECIFIED
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Keywords: Pendidikan kontekstual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2009
Last Modified: 23 Oct 2018 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3615

Actions (login required)

View Item View Item