PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA KELAS V MI BAHRUL ULUM DESA BECIRONGENGOR KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusdiyanti, Mamik Ita (2015) PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA KELAS V MI BAHRUL ULUM DESA BECIRONGENGOR KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Kita memahami bahwa media pembelajaran saat ini telah berkembang dengan pesat, namun karena keterbatasan yang dimiliki MI Bahrul Ulum Becirongengor Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo maka guru IPA yang ada disekolah tersebut harus pandai-pandai memanfaatkan sarana yang ada disekitar sekolah untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Namun belum semua guru mampu memanfaatkan sarana yang ada disekitar sekolah untuk proses belajar mengajar bahkan cenderung tidak pernah digunakan dalam pembelajaran dikelas.
Melihat realita diatas maka guru harus dapat melaksanakan perbaikan sistem pembelajaran, selama ini pembelajaran IPA yang dilaksanakan tanpa menggunakan alat peraga kurang menarik perhatian siswa, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: a. Bagaimana penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar Sains materi sifat-sifat cahaya pada kelas V di MI Bahrul Ulum Becirongengor Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo? b. Bagaimana hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sains materi sifat-sifat cahaya pada kelas V di MI Bahrul Ulum Becirongengor Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo melalui penerapan metode inkuri? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: a. Untuk mengetahui penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sains materi sifat-sifat cahaya pada kelas V di MI Bahrul Ulum Becirongengor Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. b. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sains materi sifat-sifat cahaya pada kelas V di MI Bahrul Ulum Becirongengor Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo melalui penerapan metode inkuiri.
Dari uraian hasil penelitian di atas, hasil belajar siswa dengan penerapan metode inkuiri menunjukkan hasil yang meningkat dari setiap siklusnya. Acuan peneliti bahwa dengan metode inkuiri cukup berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : pada siklus 1 diperoleh nilai rata – rata siswa : 44,44, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi : 77,78. Dengan hasil yang meningkat setiap siklus ini menandakan bahwa : Penerapan Metode Inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar sains materi sifat-sifat cahaya pada kelas V di MI Bahrul Ulum Becirongengor Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo dianggap berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ni'matus Sholihah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusdiyanti, Mamik ItaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode Inkuiri; Hasil belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 07:55
Last Modified: 19 Jan 2016 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item