Implementasi Supply Chain Management pada CV Halt Manufaktur Susu Kambing Etawa di Desa Kedungbungkus Tarub Tegal dalam perspektif Maslahah Mursalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqi, Risma Camellia (2019) Implementasi Supply Chain Management pada CV Halt Manufaktur Susu Kambing Etawa di Desa Kedungbungkus Tarub Tegal dalam perspektif Maslahah Mursalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Camellia Rizqi_G74215103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Impementasi Supply Chain Management pada CV Halt Manufaktur Susu Kambing Etawa di Desa Kedungbungkus Tarub Tegal dalam Perspektif Mas}lah}ah Mursalah” yang merupakan hasil penelitian kualitiatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang (1) Bagaimana Supply Chain Management yang terjadi di CV Halt Manufaktur (2) Bagaimana nilai Islam dalam supply chain management yang ada di CV Halt Manufaktur dalam Perspektif Mas}lah}ah Mursalah. Motode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Pengambilan data dengan cara wawancara kepada pemilik dan karyawan untuk menggali tentang supply cahin management yang ada di CV Halt Manufaktur dan bagaimana galam persepktif Mas}lah}ah Mursalah. kemudian data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif analisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa supply chain management yang diterapkan oleh CV Halt Manufaktur susu kambing etawa di Desa Kedungbungkus Tarub Tegal tidak serumit sebagaimana perusahaan besar pada umumnya, yaitu : supplier-production-distribution-retailer atau customer (konsume akhir). Dengan menggunakan strategi supply chain management terdapat Mas}lah}ah Mursalah yaitu Mas}lah}ah al-‘A<mmah dan Mas}lah}ah Al-Kha>khs}ah. Sehingga dengan adanya CV Halt Manufaktur susu kambing etawa dapat memberikan manfaat tersendiri bagi supplier, producer, distribution, customer. Peneliti memberikan saran-saran yang mungkin dapat menjadi masukan, sebagai berikut : sebagai pengusaha yang sudah mempunyai banyak konsumen, perusahaan harus meningkatkan produksi dan dapat mendistribusikan produk susu kambing etawa sendiri sehingga produksi tidak bergantung pada permintaan atau orderan ditributor. Perusahaan juga harus menambah jumlah supplier untuk mengantisipasi permintaan distributor naik. Dan bagi penelitian selanjutnya, yang tertarik terhadap judul atau permasalahan yang hampir sama atau sejenis, diharapkan dapat mengupas lebih lanjut tentang supply chain management dalam pespektif mas}lah}ah mursalah, Karena keterbatasan penulis daam menggali informasi tentang supply chain management dalam perspektif Mas}lah}ah mursalah. Sehingga kekurangan-kekurangan tersebut dapat menjadi kajian berikutnya dalam konteks dunia usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqi, Risma Camelliarismacamelliar@gmail.comG74215103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul.himami@gmail.com198009232009121002
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizqi Risma Camellia
Date Deposited: 13 Dec 2019 08:15
Last Modified: 14 Feb 2020 08:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36319

Actions (login required)

View Item View Item