Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pengusaha industri kecil: studi kasus pada pengusaha muslim pemilik industri kecil lulusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Narotama Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qoriani, Hersa Farida (2019) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pengusaha industri kecil: studi kasus pada pengusaha muslim pemilik industri kecil lulusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Narotama Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hersa Farida Qoriani_F18312034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Alumni Sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Narotama Surabaya yang seharusnya bisa menjadi pengusaha yang sukses dan berhasil, namun pada realitanya tidak. Ini dikarenakan adanya factor-faktor yang berpengaruh terhadap Kinerja mereka ,antara lain Kualits SDM, kemampuan skill yang dimiliki, kemampuan mencari jaringan kemitraan yang menghasilkan munculnya kemampuan mengelola permodalan, kemampuan menentukan produksi, kemampuan mencari, menyajikan dan memperluas pasar, memiliki kemampuan untuk memimpin dan mempengaruhi, atau mendekati orang lain dan lingkungan sosialnya serta menentukan pengupahan, dan lain sebagainya. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Eksplanatori, yang berusaha melihat fakta adanya pengaruh sebab akibat dalam realitas sosial. Studi ini juga berusaha menetapkan distribusi dan interrelasi antara variable kualitas SDM, skill, agama dan budaya serta kedisiplinan mampu memberikan pengaruh terhadap kinerja industri kecil yang dikelola Sarjana muslim alumni Manajemen Ekonomi Universitas Narotama Surabaya. Kota Surabaya yang demikian luas dan berpenduduk banyak, menjadikan beban yang berat serta kesulitan untuk mengumpulkan data, maka peneliti mereduksi dengan mengambil 6 wilayah kecamatan sebagai kluster populasi, dan menunjuk 62 responden alumni sarjana Manajemen Universitas Narotama Surabaya yang beragama Islam dan Memiliki Industri Kecil. Penunjukan ini ditentukan dengan menggunakan tehnik Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan tehnik angket kuesioner sebagai tehnik primer, yang dikuatkan dengan tehnik wawancara, dan observasi lapangan yang instrumennya telah diuji validitas dan reliabilitasnya melalui tes klasik sederhana, yang menghasilkan data kuantitatif berupa angka-angka. Selanjutnya fakta fakta social responden berupa angka tersebut dianalisis menggunakan tehnik Multiple Regression dan Path Analisis, guna dicari pembuktian ada tidaknya pengaruh variabel independen terhadap variable dependen dalam hipotesis yang ditentukan sebelumnya Akhirnya, hasil studi menunjukkan bahwa faktor internal yang berupa Kualitas SDM, Skill, dan Kemampuan Fungsional Berpengaruh Positif secara Langsung Terhadap kinerja usaha yang mereka miliki. Dan Faktor Internal ( Kualitas SDM, Skill, Kedisiplinan) serta Faktor Eksternal (Bantuan Pemerintah) Berpengaruh secara Tidak langsung terhadap Kinerja usaha mereka melalui Kemampuan Fungsional, yang pada gilirannya menjadikan usaha para responden ini meningkat pesat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qoriani, Hersa Faridahersafa@gmail.comF18312034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSoleh, ShonhadjiShonhaji@gmail.com194907281967121001
UNSPECIFIEDRitonga, IskandarIskandarritonga@gmail.com196506151991021001
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Qoriani Hersa Farida
Date Deposited: 16 Dec 2019 06:22
Last Modified: 16 Dec 2019 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36329

Actions (login required)

View Item View Item