الجناس والطباق في سورة الواقعة وسورة النساء: الدراسة البلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uhdiyah, Wafiyatul (2019) الجناس والطباق في سورة الواقعة وسورة النساء: الدراسة البلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wafiyatul Uhdiyah_A91216154.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ilmu badi’ adalah ilmu yang membahas tentang keindahan lafadz dan makna. keindahan lafadz tercakup dalam Muhassinaat lafziyah yang meliputi Jinas, Saja’, Iqtibas dan Raddul ajzi ala Shadr, sedangkan keindahan makna termuat daalam Muhassinaat maknawiyah yang meliputi Thibaq, Muqabalah, Tauriyah, Husn at-Ta’lil, Ta’kid al-Madh bi ma Yusybih adz-Dzam, Ta’kid adz-Dzamm bi ma Yusybih Al-Madh dan Uslub al-Hakim. Keindahan bahasa dan makna tidak bisa terpisah dengan bahasa Arab dan juga bahasa Al-Quran, orang membaca Al-quran tidak merasakan keindahan bahasanya, kalau tanpa memahami keindahan lafadz dan makna (Muhassinaat Lafziyah wal Maknawiyah). Surat Al-Waqi’ah dan Surat An-Nisa’. Surat Al-Waqi’ah adalah surat makkiyah yang mengandungi 96 ayat, nama surat Al-Waqi’ah diambil dari ayat 1, dan berisi tentang Hari Kiamat. Sedangkan surat An-Nisa’ adalah surat surat madaniyah yang mengandung 176 ayat, dinamakan An-Nisa’ (wanita) karena dalam surat ini banyak di bicarakan hal-hal yang berhubungan dengan wanita serta merupakan surat yang paling membicarakan hal itu dibanding dengan surat-surat yang lain. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji tentang keindahan lafadz dan makna pada Surat Al-Waqi’ah dan Surat An-Nisa’ (Al-Muhassinaat Lafziyah wal Maknawiyah). Dari latar belakang tersebut peneliti ingin menganalisis Jinas dan Thibaq sebagian dari Muhassinaat Lafziyah dan Maknawiyah dengan rumusan sebagai berikut: 1. Apa saja bentuk muhassinaat lafdiyah dan muhassinaat maknawiyah dalam Surat Al -Waqi’ah dan An-Nisa’? 2. Apa saja rahasia Jinas dan Thibaq dalam Surat Al-Waqi’ah dan An-Nisa’?. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah kajian analisis balaghah. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan bahwa dalam Surat Al – Waqi’ah dan Surat An-Nisa’ terkandung Jinas (Jinas Tam, Jinas Ghairut tam, Jinas Isytiqaq, Jinas Mudhari’) dan Thibaq (Thibaq Ijab dan Salab).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uhdiyah, Wafiyatulwafiyatuluhdiyah18@gmail.comA91216154
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNaf'an, Abdul Wahabrwnria@gmail.com198002022015031002
Subjects: Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Unnamed user with email wafiyatuluhdiyah18@gmail.com
Date Deposited: 30 Dec 2019 05:15
Last Modified: 30 Dec 2019 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36410

Actions (login required)

View Item View Item