DESAIN DIDAKTIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGATASI HAMBATAN EPISTIMOLOGIS PADA KONSEP LIMIT FUNGSI ALJABAR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanafi, Hanafi (2015) DESAIN DIDAKTIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGATASI HAMBATAN EPISTIMOLOGIS PADA KONSEP LIMIT FUNGSI ALJABAR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika tidak dapat dipungkiri bahwa siswa masih mengalami kesulitan dan kesalahan dalam memahami suatu konsep matematika. Kemudian muncul pertanyaan tentang bagaimana cara mengatasi atau mengurangi kesulitan dan kesalahan (hambatan belajar) tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut diperlukan suatu penelitian desain didaktis yang khusus untuk mengatasi atau mengurangi hambatan belajar matematika yang bersifat epistimologis. Penelitian desain didaktis ini bertujuan untuk : 1) Meng identifikasi hambatan epistimologis, 2) Mengembangkan desain didaktis berdasarkan hambatan epistimologis, 3) Mendeskripsikan hubungan pedagogis, 4) Mendeskripsikan hambatan epistimologis setelah implementasi desain didaktis.
Penelitian ini merupakan penelitian desain didaktis dengan pendekatan kualitatif, dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes, wawancara, studi literatur, dan observasi. Selanjutnya data tes, observasi dan wawancara setiap subjek penelitian dipaparkan, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan untuk penyusunan desain didaktis peneliti mengambil sumber dari beberapa artikel, buku, jurnal, atau beberapa sumber tulisan yang lain.
Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat beberapa hambatan epistimologis, yaitu : 1) Hambatan epistimologis konseptual pemahaman konsep definisi limit, kesalahan konsep penulisan limit, kesalahan konsep siswa dalam menentukan langkah penyelesaian dengan cara yang sesuai dan berurutan, 2) Hambatan epistimologis prosedural melakukan proses pemfaktoran dan perkalian sekawan, 3) Hambatan epistimologis teknik operasional melakukan proses menyederhanakan dan menyamakan penyebut. Sedangakan desain didaktis yang dikembangkan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan model pembelajaran discovery learning, pendekatan saintifik, metode diskusi berkelompok, penugasan, dan presentasi. Hubungan pedagogis termasuk dalam kategori baik. Identifikasi hambatan epistimologis setelah implementasi desain didaktis menunjukkan bahwa hambatan epistimologis yang teridentifikasi sebelumnya tidak muncul kembali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanafi, HanafiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Hambatan epistimologis; Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 01:49
Last Modified: 20 Jan 2016 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3651

Actions (login required)

View Item View Item