PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DENGAN BANTUAN WINGEOM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PRISMA DAN LIMAS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tussolihah, Romlah (2015) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DENGAN BANTUAN WINGEOM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PRISMA DAN LIMAS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Agar pemahaman konsep dan visualisasi ide – ide matematika dapat dipahami oleh siswa dengan benar, khususnya pada materi geometri, dibutuhkan suatu pembelajaran yang inovatif. Salah satunya dengan penggunaan software seperti Wingeom pada media komputer. Pembelajaran dengan Wingeom dapat membantu siswa memvisualisasikan bentuk geometri dimensi dua maupun dimensi tiga yang abstrak menjadi lebih konkret, sehingga siswa dapat lebih memahami konsep dan mencitrakan dalam pikiran. Oleh karena itu, perlu dirancang suatu pembelajaran geometri dengan bantuan Software Wingeom yang dapat mengembangkan kemampuan visualisasi ruang bagi siswa, yaitu suatu pembelajaran yang memberikan kemudahan kepada siswa dalam memahami permasalahan geometri, sehingga siswa dapat menyelesaikannya baik secara analitik maupun visual.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan perangkat pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan bantuan Wingeom pada materi bangun ruang sisi datar prisma dan limas.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Tjeerd Plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu : fase Preliminary Research, fase Development or Prototyping, dan fase Assessment. Pembelajaran yang dikembangkan meliputi perangkat pembelajaran, diantaranya RPP dan buku siswa. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Raudlatul Mubtadiin.
Berdasarkan analisis data, diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan hasil rata – rata total kevalidan RPP sebesar 3,7 dan hasil rata – rata total kevalidan buku siswa sebesar 3,59.2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yang terdiri dari RPP mendapat nilai “B” oleh setiap validator sedangkan untuk buku siswa mendapat nilai “B” oleh 2 validator dan nilai “C” untuk 1 validator. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori “praktis” dan dapat digunakan. 3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan efektif karena ditinjau dari hasil observasi aktifitas siswa dinyatakan efektif dengan persentase yang mendukung KBM lebih besar daripada persentase yag tidak mendukung KBM, keterlaksanaan sintaks dinyatakan efektif dengan rata-rata 3,76, respon siswa dinyatakan positif dengan rata-rata total 97,01% dan tes hasil belajar siswa tergolong tuntas karena sudah memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80,435%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Lubab
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tussolihah, RomlahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Geometri; Teori Van Hiele; Wingeom; Prisma; Limas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 01:57
Last Modified: 20 Jan 2016 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3652

Actions (login required)

View Item View Item