تحليل الأخطاء النحوية في كتاب بالموضوع "فصيح باللغة العربية" في قراءة الطالبات بالمدرسة الثانوية "نور الإسلام" في راكانج وارو فاميكاسن مدورا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muti'ah, Khalidatul (2019) تحليل الأخطاء النحوية في كتاب بالموضوع "فصيح باللغة العربية" في قراءة الطالبات بالمدرسة الثانوية "نور الإسلام" في راكانج وارو فاميكاسن مدورا. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
KHALIDATUL MUTI'AH_A01216026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja bentuk-bentuk kesalahan sintaksis yang terdapat dalam kitab yang berjudul “Fasih Berbahasa Arab” pada bacaan siswi-siswi MTs "Nurul Islam" di Ragang Waru Pamekasan Madura? 2) Apa saja sebab-sebab kesalahan sintaksis yang terdapat dalam kitab yang berjudul “Fasih Berbahasa Arab” pada bacaan siswi-siswi MTs "Nurul Islam" di Ragang Waru Pamekasan Madura?. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk dan sebab-sebab kesalahan sintaksis yang terdapat dalam kitab yang berjudul “Fasih Berbahasa Arab” pada bacaan siswi-siswi MTs "Nurul Islam" di Ragang Waru Pamekasan Madura. Adapun metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis kesalahan. Yakni peneliti mengumpulkan data dari lembar tulisan beberapa siswi, lalu mereka membacakannya di depan. kemudian peneliti mengidentifikasi kesalahan-kesalahan pada lembaran-lembaran tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kesalahan sintaksis yang ditemukan pada bacaan siswi MTs "Nurul Islam" adalah berjumlah 226 kesalahan.Yaitu 27 kesalahan dalam Al-jumlah Al-ismiyah, 39 kesalahan dalam Al-jumlah Al-fi'liyah, 43 kesalahan dalam Maf'ul Bih, 40 kesalahan dalam Idhafah, 27 kesalahan dalam Jar Majrur, 32 kesalahan dalam Na'at, 18 kesalahan dalam ‘Athaf dan 2 kesalahan dalam Hal. Selain penulis menemukan bentuk-bentuk kesalahan sintaksis ditemukan juga sebab-sebab kesalahan yang terjadi pada bacaan siswi MTs "Nurul Islam" di Ragang Waru Pamekasan Madura. Yaitu ketidaktahuan terhadap kaidah dan batasan-batasannya (Al-jahlu bi Al-qaa'idah wa Quyudihaa), penerapan yang kurang sempurna terhadap kaidah (Al-tathbiq Al-naqish li Al-qawaa’id), asusmi yang salah (Al-iftiradhat Al-khathiah), dan generelisasi yang berlebihan (Al-mubaalaghah fi Al-tamiim). Kebanyakan dari kesalahan mereka yaitu terletak pada kesalahan dalam maf'ul bih yang disebabkan oleh penerapan yang kurang sempurna terhadap kaidah (Al-tathbiq Al-naqish li Al-qawaa’id).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muti'ah, Khalidatulkhalidaulmutiah7@gmail.comA01216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarda, AbuUNSPECIFIED195512181986031002
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis Kesalahan, Nahwu, Membaca
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khalidatul Muti'ah
Date Deposited: 31 Dec 2019 03:37
Last Modified: 31 Dec 2019 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36561

Actions (login required)

View Item View Item