PROFIL REPRESENTASI SISWAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PREFERENSI KOGNITIF

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jayanti, Vita Kurnia (2015) PROFIL REPRESENTASI SISWAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PREFERENSI KOGNITIF. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Representasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika adalah cara siswa dalam mengemukakan jawaban atau gagasan matematika melalui simbol, persamaan, kata-kata sebagai upaya mencari solusi dari soal yang dihadapi dengan mengaitkan pemahaman dan pengalaman yang dimiliki. Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti mencoba mengidentifikasi representasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari gaya belajar preferensi kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi siswa sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, dan acak astrak dalam menyelesaikan soal matematika.
Penelitian ini nerupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian angket gaya belajar preferensi kognitif, tes representasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Gedeg tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 8 siswa yang dipilih berdasarkan gaya belajar preferensi kognitif.
Berdasarkan penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa (1) subyek dengan gaya belajar preferensi kognitif sekuensial konkret dalam menyelesaikan soal metematika menggunakan representasi dalam bentuk aljabar, diagram (diagram panah dan diagram venn), grafik, kata-kata, simbol, dan tabel, (2) subyek dengan gaya belajar preferensi kognitif sekuensial abstrak dalam menyelesaikan soal metematika menggunakan representasi dalam bentuk aljabar, diagram (dan diagram venn), kata-kata, dan tabel, (3) subyek dengan gaya belajar preferensi kognitif acak konkret dalam menyelesaikan soal metematika menggunakan representasi dalam bentuk aljabar, diagram (diagram batang dan diagram venn), kata-kata, simbol, dan tabel, (4) subyek dengan gaya belajar preferensi kognitif acak abstrak dalam menyelesaikan soal metematika menggunakan representasi dalam bentuk aljabar, diagram (diagram panah dan diagram venn), kata-kata, simbol, dan tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jayanti, Vita KurniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Representasi; Gaya Belajar; Preferensi Kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 02:53
Last Modified: 20 Jan 2016 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3658

Actions (login required)

View Item View Item