( أسلوب الحوار في سورة يوسف في القرآن الكريم (دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Ayunda Nilna (2019) ( أسلوب الحوار في سورة يوسف في القرآن الكريم (دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Ayunda_Nilna_Fitriana_A91216069[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

Uslub Al-Qur’an adalah cara atau metode untuk menyusun dan memilih kata-kata, maka dari itu Al-Qur’an memiliki metode sendiri dalam pemilihan setiap kata. Setiap kalamullah atau manusia memiliki metodenya sendiri untuk menampilkan kata-kata dari puisi atau prosa dan seni yang berhubungan dengannya. Sehingga menjadi mahasiswa prodi bahasa dan sastra arab juga harus mengetahui metode-metode yang digunakan oleh Al-Qur’an. Untuk mempelajari metode-metode dalam Al-Qur’an, maka ilmu balaghoh menjadi acuan yang penting. Dari ketiga cabang ilmu yang dimiliki balaghoh, peneliti fokus mengkaji ilmu balaghoh ma’ani insya’i tholabi. Terdapat banyak kisah-kisah di dalam Al-Qur’an, salah satunya yaitu surah Yusuf. Surah yusuf mengandung banyak percakapan/hiwar. Maka dari itu, objek yang akan dikaji yaitu fokus pada ayat-ayat yang mengandung hiwar di dalam surah Yusuf. Dan bertujuan untuk menemukan macam-macam dan makna-makna hiwar yang terdapat pada surah tersebut. Adapun data dalam penelitian ini yaitu kata-kata dan atau kalimat yang mengandung uslub hiwar (percakapan). Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Dan berdasarkan hasil dari analisis, peneliti menemukan data yang mengandung uslub hiwar atau kalam insyai tholabi yang terdapat dalam surah Yusuf terdiri dari 57 macam dan makna yang berbeda, antara lain yaitu : Al-Amr (Perintah) yang berjumlah 20 jumlah, 9 makna asli dan 11 ghoiru asli, yaitu 6 Al-Irsyad, 4 Al-Iltimas dan 1 Al-Takhyir. Nahi (Larangan) yang berjumlah 5 jumlah, 3 makna asli dan 2 ghoiru asli, yaitu Al-Iltimas. Al-Istifham (Pertanyaan) yang terdiri dari 10 jumlah, 3 makna asli dan 7 ghoiru asli, yaitu 2 Al-Taqrir, 4 Amr, 2 Ta’ajjub. Tamanni (Harapan) yang terdiri dari 5 jumlah bermakna ghoiru asli, yaitu At-Tarojji. Nida’ yang terdiri dari 17 jumlah, 8 makna asli dan 9 ghoiru asli, yaitu 2 Al-Zijr, 5 Al-Nudbah, 2 Al-Astaghotsah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Ayunda NilnaYundanilna88@gmail.comA91216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, MisbahulMunir_abdad@gmail.com195412251988031001
Subjects: Al Qur'an
Sastra
Keywords: Uslub Al-Qur’an, Surah Yusuf, Kalam Insya’I Tholabi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ayunda Nilna Fitriana
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:53
Last Modified: 31 Dec 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36584

Actions (login required)

View Item View Item